Ciri Charger Laptop Rusak, Dan Tips Untuk Mencegahnya ? - Laptop merupakan perangkat yang banyak untuk membantu pekerjaan-pekerjaan sekarang ini. Dengan berkembangnya era digital menjadikan banyak pekerjaan yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efesien pekerjaan. Adanya pandemi juga mendorong perkembangan yang sangat pesan dalam dunia digital. Laptop memang memiliki beragam fungsi antara lain membuat dokumen, surat, selain itu juga mudah dibawa kemana-mana.

Loading...

Namun apa jadinya jika laptop tidak bisa hidup ? ada beberapa penyebab laptop tidak bisa hidup salah satunya karena power supply mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menerima dan mengalirkan daya listrik. Selain itu juga bisa karena charger mengalami kerusakan sehingga tidak bisa mengalirkan listrik atau daya kedalam peerangkat laptop.

Beberapa Ciri Ciri Charger Laptop Rusak dan Tips Pencegahannya

Charger laptop merupakan salah satu bagian terpenting dari  laptop yang berfungsi untuk memasok daya listrik kedalam baterai laptop maupun perangkat yang ada dalam laptop. Banyak hal yang menyebabkan charger laptop rusak biasanya hal sering ditemui yaitu adanya kabel yang terputus. Nah pada kali ini admin akan menjelaskan beberapa ciri charger laptop yang mengalami kerusakan :

Loading...

1. Lampu indikator baterai pada laptop tidak menyala

Indikator lampu baterai pada laptop tidak menyala menandakan bahwa tidak adanya arus listrik atau daya yang masuk dalam laptop. Sehingga kemungkinan yang terjadi adalah adanya kerusakan pada charger laptop yang memiliki fungsi untuk mengisi daya baterai laptop. Akan tetapi tanda lampu indikator baterai mati juga bisa karena adanya kerusakan pada sisi komponen pada laptop. Untuk meyakinkan bahwa tidak adanya arus yang keluar dari charger laptop bisa cek dengan alat untuk mendeteksi adanya arus listrik yang mengalir.

2. Kerusakan pada kabel power

kabel power laptop

Kerusakan pada kabel power bisa terjadi karena adanya kesalahan dalam menggulung kabel yang menyebabkan kabel yang ada menjadi putus. Selain itu penyebab lain yang terjadi adalah adanya robekan pada kabel atau bekas tertekan oleh kursi atau lainnya. Untuk memastikan bahwa kabel power mengalami kerusakan adalah dengan mencoba memakai kabel power yang lain atau mendeteksi dengan alat apakah arus listrik dari kabel ada. Sehingga sebelum memutuskan untuk membeli bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

3. Kerusakan pada Adaptor Charger

Adaptor laptop adalah komponen penting yang terdapat pada charger yang berfungsi untuk memberikan aliran listrik atau daya kedalam baterai laptop. Dalam beberapa kasus adaptor yang tidak asli biasanya jika terjadi arus listrik yang tidak stabil tanda kerusakan akan mengeluarkan asap karena beberapa elemen pembentuk adaptor terbakar. Berbeda dengan charger laptop yang asli atau original jika terdapat masalah pada arus listrik yang tidak stabil maka secara otomatis adapter akan berhenti bekerja beberapa saat. Fungsinya untuk menjaga agar adaptor tidak rusak, selain itu juga melindungi laptop agar komponen tidak rusak.

Loading...

4. Panas laptop berlebihan saat dihubungkan dengan charger

laptop rusak

Beberapa indikasi adanya kerusakan pada charger laptop salah satunya yaitu ditandai dengan suhu laptop yang sangat panas padahal tidak menggunakan laptop untuk program yang berat. Panas yang berlebihan karena charger laptop ini tentunya sangat berbahaya bagi komponen-komponen laptop yang ada. Akan tetapi, terkadang panas laptop juga bisa karena adanya kerusakan pada komponen laptop. Untuk mengatasinya jika panas berlebihan pada laptop disebabkan charger yaitu dengan mengganti charger laptop yang baru.

Tips Untuk Menjaga Charger Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

  • Gulung kabel charger dengan benar saat tidak menggunakannya
  • Memasang port adaptor secara hati-hati
  • Mencabut charger laptop dari stop kontak jika tidak digunakan
  • Tidak mencabut charger laptop sembarang dari stop kontak
  • Tidak menggunakannya pada laptop lain

Baca juga :
1. Ciri Power Supply Yang Perlu Untuk Diketahui
2. Bagaimana Cara Mengatasi LCD Laptop Mati

Penutup

Demikian tadi ulasan mengenai bagaimana ciri ciri charger laptop yang rusak. Sehingga penting bagi kita untuk selalu menjaga agar charger laptop tidak rusak sehingga tidak menjadi penghalang dari pekerjaan menggunakan sebuah laptop. Semoga bermanfaat ya sobat Vexa Game.