Ciri  power supply rusak yang perlu untuk diketahui – Power supply (PSU) atau Catu Daya  merupakan hardware yang memiliki peran penting dalam komputer. PSU mempunyai fungsi yaitu untuk menyuplai daya listrik ke dalam komponen hardware yang ada dalam perangkat komputer sehingga bisa menghidupkan komputer.

Loading...

Power Supply ini bekerja dengan melakukan pengubahan arus listrik bolak balik (AC) menjadi arus listrik satu arah (DC), sehingga arus listrik dapat dialirkan ke motherboard dan ke dalam komponen-komponen hardware lainnya. Sehingga PSU memiliki peran yang penting untuk menghidupkan komputer, jika power supply mengalami sebuah masalah atau mati maka secara otomatis komputer  akan mati karena tidak ada daya listrik yang mengalir.

Lalu untuk mengerti bahwa power supply mengalami kerusakan maka perlu untuk mengenali cirinya. Nah pada kali ini admin akan membahas mengenai ciri power supply rusak sehingga dapat mempermudah dalam proses deteksi maupun penggantian power supply.

Loading...

Kenali Jenis Power Supply, Sebelum Mengetahui Ciri Power Supply Rusak

Power supply mempunyai empat jenis dimana jenis ini tergantung pada model dari motherboard sebuah perangkat komputer. Berikut penjelasan mengenai 4 jenis power supply :

  • Power Supply AT (Advance Technology)
Power Supply AT

Adalah power supply yang memiliki 12 pin konektor dan pemakaian dari jenis ini hanya bisa pada perangkat yang mempunyai motherboard tipe AT. Jenis dari power supply ini biasa untuk processor dari Intel Pentium 1 sampai dengan Intel Pentium 3.  Pada power supply AT ini harus menekan tombol untuk menghidupkan dan mematikannya ( tombol on untuk menghidupkan pc  dan tombol off untuk mematikan pc )

  • Power Supply ATX (Advanced Technology Extended)
Amazon (Power Supply ATX)

Power supply ATX memiliki 20 pin konektor sehingga mendukung motherboard yang mempunyai tipe ATX. Pada power supply jenis ini sudah memperbarui dari yang awalnya harus menekan tombol on off untuk menghidupkan dan mematikan perangkat sekarang sudah secara otomatis mati ketika mematikan komputer. Biasanya power supply jenis ini terdapat pada prosesor Intel Pentium 3 dan Pentium 4.

Loading...
  • Power Supply BTX  ( eXtended Balanced Technology)
Power Supply BTX

Merupakan jenis power supply yang banyak dipakai pada era sekarang dan memiliki 24 pin konektor serta memiliki konektor daya SATA 12-pin. Prosesor yang memakai power supply jenis ini yaitu prosesor-prosesor jenis baru seperti AMD dan Intel Core i3, i5, i7 .

Beberapa Ciri Power Supply Rusak

ciri power supply rusak

1. Fan atau Kipas pada power supply tidak berputar

Kerusakan yang terjadi bisa terdeteksi saat komputer hidup akan tetapi kondisi dari fan yang tidak mau berputar. Ini menandakan bahwasanya power supply tidak mengalirkan daya listrik pada komponen-komponen hardware dengan baik.

2. Komputer hanya bisa hidup sampai dengan bios

Biasanya terjadi karena sistem tidak bisa melakukan booting ke sistem operasi. Kerusakan ini terjadi karena power supply tidak bisa mengalirkan daya listrik ke dalam komponen hardware. Jika kerusakan power supply hanya ringan komputer masih bisa hidup akan tetapi jika kerusakan sudah berat atau rusak parah maka komputer tidak akan bisa hidup karena tidak ada daya listrik sama sekali.

Loading...

3. Komputer sering mati sendiri secara mendadak

Salah satu penyebab dari komputer yang sering mati secara mendadak adalah disebabkan oleh adanya kerusakan pada power supply. Kerusakan power supply ini biasanya sudah tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga arus atau tegangan listrik dalam perangkat menjadi tidak stabil.

4. Komputer tidak mau hidup

Penyebab dari komputer yang tidak bisa hidup  antara lain kabel power rusak, motherboard rusak dan power supply rusak. Kerusakan pada power supply ini menyebabkan komputer tidak menyala karena tidak mengalirkan arus listrik pada komponen hardware komputer.

5. Komputer mengalami penurunan performa

Penurunan yang bisa terlihat karena adanya kerusakan power supply adalah  kurang maksimalnya kinerja dari beberapa hardware  komputer. Salah satunya yaitu  pada hardware layar monitor tiba-tiba terlihat lebih redup tingkat pencahayaannya.

Loading...

Baca Juga : LCD Laptop Mati, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penutup

Demikian tadi pembahasan mengenai ciri power supply yang mengalami kerusakan. Sehingga ketika mengalami  hal-hal seperti yang sudah dibahas bisa melakukan diagnosa awal untuk menentukan jenis kerusakan. Semoga bermanfaat ya sobat Vexa Game