YouTube uji coba fitur short video mirip tiktok

YouTube Uji Coba Fitur Short Video Mirip TikTok


Selain tujuannya untuk berkomunikasi, smartphone juga biasa digunakan untuk menghibur diri dan mendapatkan informasi tertentu. Salah satu cara menghibur diri yaitu bermain game atau media sosial seperti FB, Twitter, dan Instagram. Namun, belakangan ini para pengguna smartphone telah dibuat ketagihan dengan aplikasi TikTok. Mereka berkreasi membuat video pendek diiringi musik dan efek tertentu sehingga semakin menarik dan seru. Nah, tak ingin kalah dengan TikTok, YouTube kini sedang melakukan pengembangan fitur yang mana hampir mirip dengan TikTok. Sebagai platform streaming video terbesar, tak heran jika YouTube uji coba fitur short video layaknya di TikTok untuk tetap bisa bersaing.

Tak Mau Kalah, YouTube Uji Coba Fitur Short Video

Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi TikTok sedang tenar dan populer di kalangan para pengguna media sosial. Baik anak muda hingga orang tua telah mencoba menikmati aplikasi video pendek yang satu ini. Mereka berlomba-lomba berkreasi dengan musik dan gerakan untuk sarana hiburan dan aktualisasi diri.

Sebelum YouTube, Instagram telah lebih dulu merilis fitur bernama Reels yang juga hampir mirip dengan TikTok. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk merekam dan menyunting video dengan durasi 15 detik. Tak hanya itu, fitur Reels juga dilengkapi dengan beragam hiburan seperti tingkat kecepatan video dan iringan musik. Inilah yang membuat pihak YouTube ingin terus dapat menarik perhatian para penggunanya.

YouTube Sedang Mengembangkan Fitur Video Pendek Serupa

YouTube sebagai aplikasi media sosial video terbesar tentunya tak ingin kalah bersaing dengan aplikasi lainnya. Oleh karena itu, saat ini pihaknya sedang menguji coba fitur serupa dimana pengguna dapat membuat video utuh berdurasi 15 detik. Opsi lainnya yaitu pengguna bisa membuat semacam potongan-potongan video yang kemudian akan digabungkan menjadi satu sesuai durasi yang ditentukan.

Pihak YouTube juga memberikan keterangan terkait eksperimen ini dimana bagi pengguna yang beruntung akan melihat opsi untuk ‘create video’ atau ‘membuat video’ di aplikasi YouTube di ponsel. Pengguna hanya perlu mengklik opsi tersebut dan muncul tombol rekam yang hanya perlu ditekan dan ditahan untuk melakukan perekaman video. Setelah selesai, video langsung dapat diunggah di YouTube. Hal tersebut hanya berlaku untuk video berdurasi 15 detik ya, Sob. Jika kalian ingin mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 detik, video tersebut harus sudah tersimpan di galeri ponsel.

Melansir Kompas Tekno dari Tech Crunch (27/6), pihak YouTube belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut untuk saat ini terkait uji coba fitur short video. Dengan demikian, belum dapat dipastikan Sob, apakah fitur ini akan dilengkapi dengan efek filter, efek AR, pengatur kecepatan video, dan iringan musik. Kelengkapan fitur itulah yang sebenarnya dapat menarik perhatian pengguna gadget saat ini.

Baca Juga Cara Screenshot Di Laptop Dengan Mudah

Penutup

YouTube adalah aplikasi video yang kini banyak digunakan orang untuk mencari penghasilan. Oleh karena itu, pihaknya selalu melakukan inovasi untuk membantu penggunanya mendapatkan kemudahan. Ini bukan kali pertama YouTube melakukan pengembangan terhadap fitur-fiturnya. YouTube telah memiliki fitur stories yang mana juga ada di berbagai aplikasi media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook. Seolah tak ingin kalah dalam persaingan, kini YouTube uji coba fitur short video yang mana juga telah dimiliki aplikasi lainnya. Kita tunggu saja sob perilisan fitur tersebut dan nikmati keseruannya.

Sumber: Kompas Tekno, Akurat.co, Radiodms.com

ARTIKEL TERKAIT

Angga Fernandi

I’m an English Literature student at a public university in Semarang. I usually write articles on my own blog during leisure time. Moreover, I really enjoy what I've been studying so far such as literature, public relation, creative writing, and language. I am a kind of person who likes to challenge myself and get new experiences in life.