Ukuran Kertas Buffalo dan Jenisnya, Ada Apa Saja Sih! - Sebagian orang mungkin ada yang belum tau tentang kertas yang satu ini. Jadi apa sih kertas buffalo itu? Berapa ukurannya? Dimana sobat vexa dapat membelinya?. Kertas buffalo adalah sebuah kertas yang biasanya memiliki fungsi untuk mencetak dokumen dan membuat prakarya. Jika sobat vexa pernah menjilid suatu dokumen lalu pada bagian belakang hasil dokumen yang telah sobat vexa jilid itu terdapat sebuah kertas, maka kertas itulah yang dinamakan dengan kertas buffalo.

Berbeda dari kertas Hvs yang memiliki warna dominan putih, kertas buffalo memiliki warna yang sangat beragam. Warna dari kertas buffalo yang berwarna warni ini menjadikan kertas yang satu ini sangat menarik untuk sobat vexa jadikan tempat untuk menaruh catatan penting. Lalu bagaimana sih jenis dari kertas buffalo itu? serta berapa saja sih ukuran yang tersedia, dan tips untuk membeli kertas buffalo?. Sobat vexa jangan khawatir pada artikel kali ini mimin akan mengupas tuntas seluk beluk tentang kertas yang satu ini. Tanpa berlama lama lagi, langsung saja kita masuk ke artikelnya. Let's Check it Out!

Sekilas Tentang Kertas Buffalo

ukuran kertas buffalo
Kertas Buffalo

Secara umum kertas buffalo memiliki kemiripan dengan kertas BW dan Kertas BC. Kertas BW (Bluish White) dan BC (Brief Card) memiliki tekstur yang halus. Ke dua kertas ini biasanya memiliki fungsi sebagai wadah untuk mencetak sertifikat. Namun selain untuk mencetak sertifikat kertas ini biasa digunakan sebagai wadah untuk mencetak kartu nama. Pilihan warna dari kertas BW dan BC ini tergolong lumayan banyak sehingga dapat menambah variasi cetakan sobat vexa sekalian.

Berbeda dengan kertas buffalo, tekstur kertas buffalo lebih kasar daripada kertas BW dan BC. Untuk ketebalan daari kedua kertas ini juga terlihat sama yaitu memiliki ketebalan paling tipis yaitu 150gr dan ketebalan yang paling tebak adalah 250gr. Tekstur kertas buffalo ini lebih kasar karena memiliki serat kayu di dalam kertasnya. Dari bentuk kertasya sobat vexa juga bisa melihat dari bentuknya, yaitu kertas buffalo terlihat memiliki serat sedangkan kertas BW dan kertas BC tidak.

Ukuran Kertas Buffalo

Untuk ukuran kertas buffalo ini terbagi menjadi beberapa bagian, hampir sama seperti kertas Hvs namun lebih sedikit pilihannya. Untuk ukuran kertas buffalo sendiri hanya ada 3 jika sobat vexa cari pada toko alat tulis di daerah sobat vexa masing masing. Ukurannya yaitu A4, A3, dan F4. Untuk kertas A4 dari kertas buffalo biasanya memiliki fungsi untuk prakarya dan menjadi cover belakang dari hasil jilid dokumen. Ukurannya adalah 21.0 CM X 29.7 CM. Lalu untuk kertas buffalo yang memiliki ukuran A3, biasanya memiliki fungsi untuk membuat prakarya, membuat poster, sebagai media untuk gambar, dan untuk menulis catatan dalam jumlah yang lumayan banyak. Untuk kertas buffalo yang ber ukuran F4, Pengunaannya juga tidak jauh berbeda, kertas ini biasanya penggunaannya meliputi cover belakang dari penjilidan dokumen, untuk menulis catatan penting dalam keadaan darurat, dan juga sebagai media gambar.

Tips Yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus sobat vexa perhatikan sebelum membeli kertas buffalo. Mulai dari tekstur hingga warna. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat vexa simak penjelasan di bawah ini.

1. Perhatikan Tekstur Dari Kertas

Seperti yang sudah mimin bilang pada statement tadi, kalo kertas buffalo ini memiliki tekstur yang lebih kasar jika sobat vexa bandingkan dengan kertas lainnya. Tekstur yamg berserat membuat kertas buffalo ini lebih mudah sobat vexa bedakan dengan kertas sejenis. Namun jangan salah, walaupun mudah dibedakan jika sobat vexa tidak teliti bisa saja sobat vexa akan salah membeli. Bisa bisa sobat vexa jadi rugi atau bahkan mendapat omelan dari atasan hehe. Jadi sebelum membeli pastikan kalo sobat vexa sudah meneliti baik baik kertas buffalonya ya.

2. Perhatikan Ukuran Kertas

Jika tadi sobat vexa melihat dari teksturnya, maka kali ini sobat vexa harus lihat dari ukurannya. Seperti yang mimin bilang tadi kalo ukuran dari kertas buffalo itu ada 3, yaitu A4, A3, dan F4. Jika ada toko yang menawarkan ukuran yang berbeda dari yang mimin sebutkan, maka beras kemungkinan kalo kertas tersebut bukan kertas buffalo. Jadi sebelum beli benar benaar harus sobat vexa teliti lagi loh yaa, ga harus bawa penggaris kok hehe.

3. Ketebalan dari Kertas

Selain dari warna dan tekstur, Sobat Vexa juga harus memperhatikan ketebalan dari kertas buffalo itu sendiri. Kertas buffalo biasanya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis juga, jadi sedang sedang saja. Mimin juga sudah menjelaskan tadi jika ukuran kertas buffalo sangat beragam. Untuk ukuran paling tipisnya yaitu sekitar 150gr dan ukuran kertas yang paling tebal yaitu 250gr. Jika berbeda dari yang mimin sebutkan tadi maka besar kemungkinan kalo kertas yang ingin sobat vexa beli bukan merupakan kertas buffalo.

4. Warna Dari Kertas Buffalo

Lalu faktor terakhir yang harus sobat vexa perhatikan adalah warna. Hal ini sebenernya simpel namun jika sobat vexa tidak merencanakan warna yang akan sobat vexa beli maka hasilnya tidak akan memuaskan. Untuk pemilihan warna ini biasanya terjadi saat sobat vexa ingin membuat suatu prakarya. Jika pemilihan warna tidak tepat maka hasil dari prakarya yang sobat vexa buat tidak akan memuaskan. Jadi benar benar teliti lagi sebelum membeli ya sob.

Harga Kertas Buffalo

Setelah mengetahui beberapa hal tentang kertas buffalo, tentunya sobat vexa penasaran bukan berapa sih harga dari kertas buffalo itu sendiri. Tentu saja harga dari kertas buffalo akan sangat berbeda jika sobat vexa bandingkan dengan kertas Hvs A3, A4, F4, dan lain lain. Untuk harga dari kertas buffalo ini biasanya berbeda beda tergantung ukuran dari kertas buffalo itu sendiri. Nah berapa sih harga kertas buffalo itu? Untuk harganya yaitu sekitar Rp 35.000 - 40.000 per packnya. Lalu berapa sih isi dari 1 pak kertas buffalo. Isi dari 1 pak kertas buffalo biasanya berjumlah 100 kertas per paknya. Jika sobat vexa berminat membeli maka silahkan sobat vexa beli di toko alat tulis atau percetakan terdekat.

Baca Juga :
1. Jenis dan Ukuran Kertas Hvs Paling Sering Digunakan
2. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF, Mudah dan Cepat!
3. Tips Membeli Printer Bekas Agar Tidak Salah Beli

Penutup

Itu tadi penjelasan lengkap serta cara memilih kertas buffalo yang benar. Jangan sampai sobat vexa salah membeli kertas buffalo menjadi kertas Hvs, kertas Folio, atau bahkan karena kertasnya bernama buffalo sobat vexa malah membeli kerbau hehe. Jika ada informasi yang salah atau kurang maka silahkan sobat vexa tuliskan pada kolom komentar yang tersedia dibawah. Kalau ada kritik, saran, atau usulan maka silahkan juga sobat vexa coret coret kolom komentar yang tersedia. Agar vexagame menjadi lebih baik kedepannya. See You!