Software Partisi Hardisk Terbaik Dan Mudah Tahun 2021 - Hardisk atau Hard Disk Drive (HDD) adalah sebuah hardware atau perangkat keras dari komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan membaca data-data pada komputer. Sifat harddisk yaitu non-volatile memory artinya data yang berada dalam harddisk akan tetap tersimpan dan tidak akan hilang jika komputer dimatikan.

Beberapa masalah pada hardisk akan pengguna temui jika tidak bisa melakukan manajemen data secara baik dalam hardisk. Manajemen ruang penyimpanan pada hardisk merupakan hal yang penting untuk membuat pembacaan dan penyimpanan tidak mudah rusak dan kinerjanya tidak menjadi lambat atau sering disebut dengan partisi hardisk.

Ada dua cara dalam melakukan partisi pada hardisk yaitu dengan cara manual dan menggunakan bantuan software. Pada kali ini admin akan membahas beberapa software yang mudah dan terbaik untuk bisa melakukan partisi pada hardisk sobat. Banyak software yang menyediakan tools yang berfungsi untuk melakukan partisi atau manajemen ruang pada harddisk.

Beberapa Software Partisi Hardisk Terbaik Dan Mudah 2021

Partisi Hardisk adalah cara untuk melakukan pembagian pada ruang-ruang penyimpanan pada hardisk. Untuk melakukan partisi bisa menggunakan beberapa software yang sudah menyediakan tools dan fitur yang lengkap untuk mem-partisi hardisk. Berikut ini software partisi hardisk yang mudah dalam penggunaannya :

1. MiniTool Partition Wizard

Software Partisi

MiniTool Partition Wizard merupakan perangkat lunak yang tersedia secara gratis dan memiliki banyak pengguna. Fitur yang terdapat dalam software ini antara lain melakukan partisi ulang hard drive, melakukan format partisi, memeriksa file sistem. Selain itu juga dapat untuk merubah partisi FAT ke NTFS dan mendukung banyak tipe disk seperti removable storage.

2. EaseUS Partition Master

Easus Partisi

EaseUS Partition Master merupakan software yang dapat digunakan pada windows 7/8/10, windows vista dan windows xp. Software ini memiliki beberapa fungsi yaitu melakukan pengubahan ukuran, membuat, memindahkan, menggabungkan dan melakukan format pada partisi. Selain itu juga dapat untuk melakukan konversi disk partisi FAT ke NTFS, disk MBR ke GPT, atau GPT ke MBR.

3. AOMEI Partition Assistant

Software Partisi Hardisk

AOMEI Partition Assistant adalah tools atau software partisi hardisk yang memiliki beragam fitur-fitur menarik untuk melakukan manajemen pada hardisk. Fitur yang ada dalam software ini yaitu dapat untuk melakukan resize ukuran partisi, menggabungkan, recover dan dapat membuat partisi baru. Selain itu fitur yang sangat menarik yaitu dapat melakukan bootable windows dan memindahkan sistem operasi windows ke hardisk lain.

4. [email protected] Partition Manager

Software Partisi Hardisk

Software partisi hardisk yang memiliki fitur yang cukup lengkap walaupun tersedia secara gratis. Active Partition Manager juga sangat mudah untuk digunakan dan mendukung partisi FAT16, FAT32, NTFS dan bisa untuk melakukan partisi pada perangkat USB Flash Memory. Fitur-fitur yang ada dalam software ini antara lain dapat untuk menghapus, memformat dan membuat partisi pada hardisk dengan mudah, selain itu juga bisa membuat partisi FAT32 menjadi lebih dari 32 GB (bahkan sampai 1 TB).

5. Gparted

Gparted atau Gnome Partition Editor merupakan perangkat lunak yang mempunyai tampilan sederhana dan mudah digunakan untuk melakukan partisi hard disk. Software ini bisa berjalan pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows dan Mac. Fitur yang terdapat pada Gparted adalah dapat untuk membuat atau menghapus partisi, memindahkan atau mengubah ukuran partisi, mengecek, memberi label, menyalin dan memindahkan partisi.

6. Paragon Partition Manager

Software partisi ini memiliki user interface yang sangat memudahkan penggunanya untuk melakukan pengaturan partisi hardisk. Paragon Partition memiliki fitur antara lain melakukan perubahan ukuran, memformat, menghapus dan memeriksa partisi hardisk. Fitur yang lainnya yaitu dapat mengubah disk dari MBR ke GPT pun sebaliknya serta mendukung pada sistem operasi windows 7/8/10.

Baca Juga :
1. Mengatasi Laptop Windows 7 Lemot Biar Kenceng Lagi
2. Cara Memilih SSD Sesuai Dengan Kebutuhan Laptop Kita

Penutup

Demikian tadi pembahasan mengenai software-software yang bisa menjadi pilihan untuk melakukan partisi hardisk. Maka dari itu sobat tidak perlu sulit-sulit untuk melakukan partisi pada hardisk. Semoga bermanfaat ya sobat Vexa Game.