Emulator merupakan software virtual yang dapat menciptakan suasana lingkungan OS yang berbeda pada berbagai sistem operasi. Dengan demikian, apabila menginstall emulator iOS, perangkat PC akan menampilkan fungsi iOS pada sistem operasi yang sedang digunakan, contohnya windows. Emulator menggunakan konsep teknologi virtualisasi yang berfungsi membuat mesin virtual. Setelah itu, perangkat virtual ini bisa bermanfaat untuk menjalankan aplikasi iOS pada komputer berbasis Windows. Nah sobat, kali ini Vexa Game akan memberikan rekomendasi emulator iOS untuk windows. Apa saja ya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

7 Rekomendasi Emulator iOS untuk Windows PC

Berikut ini adalah rekomendasi 7 emulator iOS untuk PC berbasis windows

1. IPadian Emulator

Rekomendasi emulator iOS untuk windows yang pertama yaitu IPadian. Emulator yang satu ini merupakan salah satu emulator iOS terbaik, sob. Kalian dapat menemukan beragam fitur pada iPadian seperti watchOS, Siri, iMessage, tvOS. Selain dapat dijalankan pada PC berbasis windows, sobat juga bisa mengoperasikan iPadian pada ponsel android loh.

Rekomendasi Emulator iOS Untuk Windows

iPadian juga merupakan emulator iOS paling populer karena tampilan UI yang yang ramah pengguna dan mudah. Terlebih lagi, sobat Vexa bisa mengunduh emulator ini secara gratis. Melalui iPadian, sobat bisa merasakan bermain game dan menggunakan aplikasi berbasis iOS pada PC kalian. Jadi, tunggu apa lagi? silakan coba iPadian untuk mendapatkan nuansa iPad pada komputer sobat.

2. Ripple

Emulator iOS berikutnya yaitu Ripple yang begitu populer bagi para developer dan tech enthusiast. Ripple merupakan emulator iOS berbasis cloud yang dapat menjalankan aplikasi berbasis iOS 1 hingga 11 pada komputer sobat. Emulator ini pada dasarnya merupakan Chrome extension yang bisa digunakan sebagai emulator iOS.

Rekomendasi Emulator iOS Untuk Windows

Emulator yang satu ini lebih sering dimanfaatkan untuk melakukan testing aplikasi HTML5. Fitur-fiturnya terdiri dari JS Debugging, Automated Testing, dan HTML DOM Inspection. Selain itu, ripple bisa sobat jalankan pada perangkat dengan resolusi layar yang berbeda. Terlebih lagi, ripple juga praktis karena tidak perlu restart jika membukanya pada perangkat baru.

3. Xamarin

Rekomendasi Emulator iOS Untuk Windows

Xamarin adalah emulator iOS yang dikembangkan oleh Apple Inc. Emulator ini dapat sobat manfaatkan untuk menjalankan program iOS pada perangkat windows. Biasanya xamarin digunakan oleh para developer untuk melakukan uji coba kompatibiltas lintas platform seperti aplikasi iOS dan windows. Dengan menggunakan Xamarin, sobat bisa menjalankan aplikasi seperti iMessage. Selain itu sob, kalian juga bisa melakukan debugging aplikasi iOS untuk windows menggunakan IDE visual studio.

4. Electric Mobile Studio

Rekomendasi software emulator iOS untuk windows berikutnya yaitu Electric Mobile Studio. Aplikasi emulator satu ini berbayar ya sobat, namun kalian juga bisa kok memanfaatkan free trial selama 7 hari. Biaya emulator ini sekitar 500 ribu per bulan, harga yang cukup mahal, sob. Meskipun demikian, tentunya Electric Mobile Studio ini menyajikan produk dan layanan berkualitas tinggi, sob. Electric Mobile terintegrasi dengan debugging tools chrome dan Webkit serta dapat dihubungkan dengan Microsoft Visual Studio

Dengan menggunakan Electric Mobile Studio, sobat dapat menjalankan berbagai aplikasi iOS pada PC berbasis windows. Selain itu, sobat juga bisa mengembangkan aplikasi iOS dengan bantuan bahasa pemrograman melalui emulator ini. Fitur pada Electric Mobile juga berfungsi untuk emulasi iPhone, iPad, dan responsive apps yang diluncurkan lewat peramban. Terlebih lagi, sobat bisa mengoperasikan Electric Mobile Studio pada dua perangkat sekaligus. Tak heran jika software emulator ini menjadi rekomendasi untuk para developer.

5. Remoted iOS Simulator

Memiliki user interface yang simpel dan ramah, Remoted iOS Simulator dapat menjadi pilihan untuk menjalankan aplikasi dan program berbasis iOS pada windows. Remoted iOS Simulator merupakan produk bagian dari Xamarin yang dapat mendukung debugging menggunakan Microsoft Visual Studio Enterprise.

Emulator iOS yang satu ini bisa sobat dapatkan secara gratis. Selain itu, sobat Vexa akan mudah untuk melakukan navigasi karena adanya toolbar pada bagian atas. Toolbar tersebut terdiri dari Screenshot, Lock, Home, Settings, dan sebagainya. Hal yang menarik pada Remoted iOS simulator yaitu adanya fungsi seperti Touch ID pada menu settings, sob. Fungsi tersebut untuk melakukan simulasi kondisi statis dan gerak, rotasi, dan gestur goncangan.

6. MobiOne Studio

MobiOne Studio merupakan emulator iOS untuk windows yang cocok untuk para pengembang aplikasi iOS. Software emulator berbasis HTML5 hybrid-native yang bermodel pada framework PhoneGap dan Cordova. Jika menggunakan MobiOne, sobat Vexa akan mudah melakukan share aplikasi lewat email dan mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut. Selain itu, MobiOne memberi kemudahkan bagi penggunanya. Bagaimana tidak? Pengguna dapat menginstall aplikasi berbasis iOS diluar App Store dan membuat aplikasi iOS pada perangkat mobile lain.

7. Appetize.io

Appetize.io adalah rekomendasi emulator iOS untuk windows yang paling mudah dalam penggunaannya. Bukan tanpa alasan, Appetize dapat sobat gunakan sebagai emulator online sehingga hanya perlu mengunjungi situsnya. Sobat hanya perlu menuju situs bernama iOS emulator freemium dan mengupload aplikasi berbasis iOS yang akan dikembangkan. Dengan menggunakan appetize.io, sobat Vexa akan mendapatkan 100 menit pertama secara gratis, setelah itu akan dikenakan biaya 0,05 USD per menit. Appetize io adalah emulator yang mempunyai dukungan framwork Adobe AIR dan user interface yang mudah.

8. Air IPhone

Air iPhone merupakan emulator iOS untuk windows yang memiliki user interface menarik dan sederhana. Sobat hanya perlu menginstall Adobe Air untuk menjalankan program software satu ini. Air IPhone sangat pas buat sobat Vexa yang akan melakukan testing aplikasi sebelum peluncuran. Meskipun demikian, beberapa fitur Air iPhone belum bisa berfungsi secara optimal sehingga tidak semuanya bisa sobat gunakan ya karena masih ada kekurangan.

Baca Juga:
1. Cara Menyisipkan Gambar Pada Microsoft Word
2. 6 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Penutup

Saat ini, sudah banyak software berbasis teknologi yang bermunculan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu Emulator iOS. Melalui bantuan software tersebut, sobat Vexa dapat menjalankan aplikasi berbasis iOS pada computer yang menggunakan windows.  Dengan demikian, sobat bisa melakukan uji coba aplikasi iOS yang dikembangkan sebelum dirilis dengan beberapa rekomendasi emulator iOS untuk windows tersebut. Bagaimana menurut sobat, apakah kalian sudah mencobanya?