jenis error di internet

Jenis Error di Internet dan Cara Mudah Mengatasinya


Jenis Error di Internet dan Cara Mudah Mengatasinya- Musim pandemi menjadikan aktivitas dari penggunaan komputer menjadi meningkat. Tentunya peningkatan pengguna tersebut paling banyak adalah dari bidang pekerjaan dan bidang pendidikan. Hampir semua menggunakannya yaitu untuk melakukan pekerjaan atau pembelajaran dari rumah. Hal itu juga mengakibatkan beberapa masalah gangguan pada penggunaan akses internet maupun akses kedalam website tertentu.

Mengapa masalah tersebut bisa terjadi? Jadi gini sobat salah satu masalah terjadi ketika ada banyak request dalam pengaksesan kedalam suatu website maka akan mengakibatkan server website mengalami down. Gangguan yang sering banyak terjadi terutama saat mengakses websitenya adalah gangguan seperti error 503 yaitu gangguan server website tidak bisa melayani request masuk.

Beberapa Jenis Error di Internet dan Cara Mudah Mengatasinya

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan kita perlu mengenal apa itu jenis-jenis respon dari data server HTTP dari request yang terkirim. Ada beberapa kode permintaan yang pengguna perlu mengetahuinya yaitu

  • Kode Error dari 100-199 merupakan kode server menampilkan status informasi.
  • Error Kode dari 200-299 merupakan kode server menampilkan status berhasil.
  • Error Kode dari 300-399 merupakan kode server menampilkan status redireksi.
  • Kode dari 400-499 merupakan kode server menampilkan error yang terjadi pada sisi client.
  • Kode dari 500-599 merupakan kode server menampilkan error yang terjadi pada sisi server.

Terkait dengan status kode yang menampilkan error pada server dan client. Ternyata ada banyak gangguan yang sering kita temui saat browsing menggunakan Internet. Untuk jauh lebih lengkapnya mengapa masalah tersebut bisa terjadi dan apa saja masalahnya. Admin sudah merangkum buat sobat Vexa Game lengkap dengan cara mengatasinya. Langsung saja simak ulasan berikut ini :

1. Kode Error 400 : Bad Request

Salah satu jenis error di Internet ini muncul karena server tidak bisa membaca dan memahami kode sintaks dari user. Hal ini terjadi ketika ada kesalahan penulisan URL Webisite atau bisa terjadi karena request tidak terhubung. Untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan refresh pada website, mencari url web lewat pencarian google, mengecek url dan membersihkan cache & cookie website.  

2. Kode Error 403

Error ini muncul karena pengguna tidak memiliki akses kedalam website. Contohnya saja pada website-website akademik pada perguruan tinggi jika kita tidak memiliki akses kedalam websitenya maka pesan ini muncul yang menandakan untuk mengakses webnya perlu hak akses. Untuk mengatasinya yaitu memasukan hak akses kita atau email biasanya untuk  bisa masuk kedalam website tersebut.

3. Kode Error 500 : Internal Server Error

kode error 500

Merupakan jenis error yang sering karena adanya kesalahan manusia karena kesalahan dalam melakukan konfigurasi pada website atau bisa karena terdapat file yang corrupt pada server. Hal yang perlu menjadi catatan adalah jika merupakan pemilik website maka perlu mengkonfigurasi pengaturan. Akan tetapi jika bukan merupakan pemilik website maka perlu memuat ulang atau merefresh halaman, membersihkan cache dan melakukan konfirmasi kepada pemilik website tersebut.

4. Kode Error 502 : Bad Gateway

jenis error di Internet

Kode ini berisi mengenai server atau file hosting bertindak sebagai gateway yang berusaha melakukan pengambilan informasi dari server lain akan tetapi respon tersebut gagal. Hal ini juga merupakan dampak dari banyaknya file cache yang tersimpan dalam browser pengguna. Sehingga untuk mengatasi error tersebut pengguna atau user perlu melakukan pembersihan pada cache dan cookies yang ada pada browser.

5. Kode Error 503 : Service Unavailable

503 Error

Jenis kode ini muncul karena adanya proses perbaikan pada server atau juga bisa karena banyaknya akses yang mengakses kedalam website tersebut sehingga menyebabkan website down. Untuk mengatasinya yaitu melakukan refresh pada web tersebut dan menunggu beberapa waktu sehingga website tidak banyak pengaksesnya.

Baca juga : Cara Untuk Mengecilkan Ukuran Video Dengan Mudah

Penutup

Demikian tadi pembahasan mengenai error yang sering kita temui saat browsing menggunakan internet. Semoga bermanfaat ya sobat Vexa Game

ARTIKEL TERKAIT

Indrawan Ady Saputro

Selagi mampu untuk memberi arti kenapa kau gunakan untuk yang sia-sia,
Berbuat baiklah dimanapun,kapanpun dengan siapapun supaya hidup bisa lebih memberi arti