Cara menarik email salah kirim dengan mudah

Cara Menarik Email Salah Kirim dengan Mudah


Cara Menarik Email Salah Kirim dengan Mudah – Email adalah layanan untuk mengirimkan sebuah pesan yang dapat berupa chat, file, dan lainnya. Email biasanya banyak terpakai pada bidang sekolah, pekerjaan, dan perusahaan.

Salah satu hal atau cara untuk mengirimkan pesan melamar pekerjaan adalah melalui aplikasi Gmail yang menyediakan layanan pesan Email. Pesan email memiliki integritas data sehingga beberapa perusahaan-perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan biasanya menggunakan email ini untuk menjaring pelamar yang akan masuk. Pesan yang terdapat pada email lebih ter-struktur, lebih formal dan resmi sehingga perusahaan banyak menggunakan layanan email.

Email
Pexels

Ada beberapa hal yang perlu pemahaman mengenai sebuah pengiriman pesan email. Pengiriman pesan email dapat terkirim secara mudah dengan menekan tombol plus kemudian memasukkan penerima dan pesan kemudian tinggal klik kirim maka pesan akan terkirim. Akan tetapi berbeda halnya dengan membatalkan atau menarik pesan yang terkirim. Terkadang kita sering bingung dan pusing saat mengirimkan pesan ternyata ada kesalahan atau kekeliruan dalam pesan yang telah terkirim.

Beberapa Cara Menarik Email Salah Kirim dengan Mudah

Ternyata ada layanan yang ada pada gmail untuk menarik pesan dan membatalkan email yang sudah terkirim. Gmail sendiri mempunyai fitur yang bernama Undo Send. Fitur undo send adalah fitur yang muncul ketika mengirimkan sebuah email. Biasanya muncul pada bagian bawah sebelah pojok kiri layar. Ada dua cara untuk menarik pesan email yang sudah terkirim.

1. Memencet Tombol Undo Send pada Gmail

cara menarik email salah kirim

Tombol Undo Send akan tampil saat kita mengirimkan sebuah pesan pada Gmail, Ketika pesan terkirim maka akan muncul pop up pada bagian pojok bawah sebelah kiri halaman Gmail.  Tombol itu untuk menarik dan membatalkan pesan kita jika ada kesalahan saat mengirimkan pesan email. Setelah meng-klik tombol tersebut maka pesan otomatis akan memindahkan pesan ke dalam bagian Drafts dan membatalkan pengiriman pesan. Sehingga kita tidak perlu mengulangi kembali tulisan yang kita ingin kirimkan melainkan langsung bisa memperbaikinya pada bagian Drafts kemudian bisa melakukan pengiriman kembali.

2. Mengatur Jeda Waktu Pop Up notifikasi dengan durasi lebih lama

Untuk bisa melakukan setting durasi fitur Undo Send kita perlu masuk terlebih dahulu ke menu setting caranya seperti berikut :

  • Pertama klik bagian Gear atau Setting yang terletak pada bagian atas bagi pengguna laptop atau pc
  • Kemudian Pilih See All Settings yaitu untuk melihat semua pengaturan yang ada dalam aplikasi Gmail
gmail
  • Pilih pada menu General, Lalu cari fitur Undo Send. Klik pada bagian tanpa panah lalu pilih waktu untuk menampilkan Pop Up pembatalan pesan atau pengiriman. Dalam fitur tersebut terdapat 4 pilihan waktu yaitu 5,10,20 dan 30 Seconds.
menarik pesan email
  • Kemudian pilih sesuai keinginan lalu scroll ke bawah pilih Save Changes untuk menyimpan perubahan pada pengaturan fitur Undo Send

Dengan mengatur fitur Gmail undo send, kita bisa memiliki jeda waktu pengiriman sebelum email sampai ke inbox penerima email yang kita kirimkan

Baca Juga : Cara Mudah Kirim Email Masal Ke Ribuan Orang

Penutup

Itu tadi sobat pembahasan mengenai artikel tentang bagaimana cara menarik pesan email yang terkirim agar tidak terbaca oleh penerima pesan email. Maka dari itu bagi sobat yang merasa sering mengalami hal seperti ini jangan lupa mengatur fitur-nya agar tidak panik dalam mengirimkan pesan yang salah. Terimakasih Sobat Vexa Game semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Indrawan Ady Saputro

Selagi mampu untuk memberi arti kenapa kau gunakan untuk yang sia-sia,
Berbuat baiklah dimanapun,kapanpun dengan siapapun supaya hidup bisa lebih memberi arti