Chevron Up

Cara Defrag Hardisk Windows 10 Agar Lebih Awet


Cara Defrag Hardisk Windows 10 Agar Hardisk Lebih Awet - Hardisk merupakan sebuah penyimpanan yang sampai saat ini banyak digunakan oleh pengguna komputer. Fungsi hardisk yaitu untuk menyimpan instalasi os, software dan menyimpan file-file. Dengan adanya fungsi tersebut maka secara otomatis hardisk sangat sering pengguna gunakan. Penggunaan hardisk yang sangat sering akan menyebabkan performa dalam melakukan proses pembacaan dan penulisan akan menurun.

Penyebab performa hardisk menurun yaitu adanya fragmentasi, fragmentasi adalah kondisi file yang tersimpan pada disk tidak tertata secara berurutan. Hal tersebut akan mengakibatkan proses dalam pembacaan data menjadi lama karena harus melewati beberapa sector yang tidak terisi dalam disk.

Fragmentasi tersebut dapat teratasi dengan menggunakan disk defragment atau defragmentasi hardisk untuk menata ulang sektor-sektor yang belum terisi dan melakukan penataan ulang pada disk. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan defrag hardisk pada windows 10.

Cara Defrag Hardisk Windows 10 Agar Hardisk Lebih Awet

Karakteristik dari hardisk komputer yaitu mempunyai cara kerja menggunakan pola berputar yang nantinya hardisk menempatkan data atau file dalam tempat yang berbeda ketika membuat atau menulis data baru, dan membentuk sektor / blok-blok sesuai dengan urutan perintah. Sehingga ketika pembacaan file hardisk akan membaca suatu file sesuai secara berurutan untuk bisa menemukan file tersebut. Masalah saat ini yang sering pengguna temui adalah fragmentasi pada hardisk.

Fragmentasi pada Hardisk

Fragmentasi merupakan penyebab mengapa hardisk menurun performanya karena proses penyimpanan, blok-blok disk tidak tersimpan secara berurutan melainkan secara acak.  Sehingga menyebabkan proses akses pada file dalam disk membutuhkan waktu yang cukup lama dan kinerja dari hardisk akan semakin menurun. Maka dari itu penting dari pengguna komputer untuk bisa melakukan sebuah defragmentasi pada hardisk sehingga dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Analogi sederhana dari fragementasi adalah jika sobat memiliki 2 buah rak buku, rak buku pertama menyusun bukunya dengan rapi dan rak buku kedua tersusun secara acak. Maka ketika mencari buku lebih mudah dan cepat menemukan buku dalam rak pertama dalam keadaan tersusun secara teratur dan berurutan. Fragmentasi tergambarkan dengan kondisi rak buku yang tersusun secara acak dan tidak teratur.

Fungsi dari Disk Defragment

Defragmentasi hardisk adalah salah satu langkah untuk mengatasi masalah fragmentasi. Fungsi dan tujuan dari defragmentasi adalah mengatur kembali sektor atau ruang blok-blok file yang tersimpan secara berantakan. Sistem operasi windows 10 sudah menyediakan sebuah program yang sudah tertanam dan memiliki fungsi melakukan defragmentasi. Disk Defragment adalah alat bawaan windows dapat melakukan manajemen file dalam penyimpanan pada hardisk.

Hal yang perlu pengguna perhatikan ketika akan melakukan defragment maka perlu memperhatikan mengenai program apa saja yang sedang berjalan karena jika ram atau cpu terpakai untuk proses lain maka akan menyebabkan proses defragment tidak bisa bekerja secara maksimal dan menjadi lambat.

Selain itu bagi sobat jika menggunakan SSD sebagai pengganti hardisk maka tidak perlu melakukan defragmentasi karena pada SSD dalam melakukan pembacaan pada suatu file tidak menggunakan pola berputar. Sehingga ketika melakukan pembacaan bisa secara langsung dari tempat dalam suatu drive.

Berikut ini langkah dan tahapan untuk melakukan defragment pada hardisk :

  • Pertama, membuka File Explorer dengan tombol kombinasi keyboard Windows + E
Cara Defragment Hardisk Windows 10
  • Klik kanan pada Local Disk C: , lalu klik Properties
Cara Defragment Hardisk Windows 10
  • Kemudian pilih tab Tools lalu klik Optimize
  • Setelah itu pilih drive yang akan didefrag. Klik Analyze All ( Jika ingin mendefrag semua drive) fungsinya untuk melakukan analisa mengenai seberapa besar hasil fragment.
hardisk analyze
  • Tunggu proses analisa hingga selesai
Cara Defragment Hardisk Windows 10
  • Setelah proses analisis selesai lalu klik Optimize All untuk melakukan proses defragment pada hardisk
Cara Defragment Hardisk Windows 10
  • Kemudian tunggu proses hingga selesai maka proses defragment pada drive telah selesai

Baca Juga :
1. Cara Scan Virus Dengan Avast Secara Mudah Dan Cepat
2. Cara Menggunakan Disk Cleanup Windows Dengan Mudah

Penutup

Demikian tadi pembahasan mengenai masalah fragmentasi hardisk dan cara mengatasinya. Sehingga sobat bisa memaksimalkan performa dan kinerja dari hardisk tersebut. Semoga bermanfaat sobat Vexa Game.

ARTIKEL TERKAIT

Indrawan Ady Saputro

Selagi mampu untuk memberi arti kenapa kau gunakan untuk yang sia-sia,
Berbuat baiklah dimanapun,kapanpun dengan siapapun supaya hidup bisa lebih memberi arti