Setelah sederet game android bergenre MOBA dan Battle Royale telah meramaikan dunia para gamers di tahun 2020, kini game bergenre MMORPG juga mulai menarik perhatian. Apalagi sekarang game MMORPG dapat sobat mainkan lewat PC. Nah, apakah sobat Vexa sedang mencari rekomendasi game MMORPG PC dengan gameplaynya yang menarik? Tenang sob, VexaGame sudah punya daftarnya nih. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Isi

Mengenal Game MMORPG

MMORPG merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game, yaitu game yang menyajikan permainan multiplayer massif secara online. Sebenarnya jenis game ini sudah dikenal sejak tahun 2002 saat kemunculan dan kesuksesan game Ragnarok.

Tak heran kalau banyak game MMORPG terus dikembangkan hingga sekarang, salah satunya Genshin Impact. Pastinya para gamers pengguna android sudah tidak asing lagi dengan game racikan MiHoYo satu ini. Gameplay Genshin yang seru dan menarik menginspirasi berbagai developer untuk membuat game serupa.

Keseruan bermain game MMORPG akan semakin terasa saat pemain bisa terhubung dengan pemain lain di seluruh dunia. Mereka bisa berinteraksi dengan menggunakan fitur chatting.

Berikut 6 Rekomendasi Game MMORPG PC Terbaik 2021

Game MMORPG pada umumnya mengutamakan aspek interaksi, kustomisasi, dan eskplorasi yang berjalan secara real-time. Selain itu, beberapa elemen wajib yang tersaji diantaranya gulid system, PVP, clans, dan social interaction melalui chatting.

Sobat Vexa punya banyak pilihan game MMORPG di platform android dan inilah rekomendasi dari VexaGame yang wajib sobat mainkan.

1. Genshin Impact

Genshin Impact: Rekomendasi Game MMORPG PC terbaik

Genshin Impact menjadi salah satu game yang sangat populer akhir-akhir ini. Ya, Game MMORPG ini bisa sobat mainkan baik melalui PC maupun ponsel android. Genshin Impact adalah game bergenre open world yang memiliki atmosfir dengan tampilan sisi estetika tinggi.

Saat memainkan game ini, sobat akan terpukau dengan pelataran ladang hijau yang luas dan memanjakan mata. Selain itu, Genshin Impact punya punya elemen gacha yang cukup berat, karena sobat hanya bisa mendapatkan karakter-karakter dan senjata-senjata lain secara random.

Genshin Impact juga mengutamakan sisi hack and slash sehingga pertarungan terasa sengit dan mengalir seperti nyata. Dengan kualitas game yang bisa sobat mainkan secara gratis, layak lah jika Genhsin Impact masuk jadi rekomendasi game MMORPG PC terbai.

Baca Juga : Rekomendasi Game MMORPG Android Terbaik

2. Guild Wars 2

GuildWars2.com

Rekomendasi berikutnya ada Guild Wars 2, game MMORPG android besutan ArenaNet yang kemudian diterbitkan oleh NCSOFT. Game ini menyuguhkan latar belakang dunia fantasi bernama Tyria, tempat guild bernama Destiny's Edge muncul kembali.

Kualitas grafis game ini tak perlu sobat ragukan lagi karena menggunakan tampilan yang detail. Game ini juga menawarkan pendekatan yang unik dengan sistem experience points dan player's equipment. Hal ini membuat sobat tidak perlu melakukan grinding untuk mencapai level sama dengan pesaing. Tak heran banyak pemain yang menilai bahwa Guild Wars juga cukup mudah untuk dimainkan.

3. Arche Age

ArcheAge: Rekomendasi Game MMORPG PC terbaik

Game MMORPG PC terbaik lainnya yaitu Arche Age yang menceritakan sebuah tempat bernama Auroria yang dihuni oleh 6 ras, yaitu Nuian, Elf, Firran, Harani, Dwarf, dan Warborn. Auroria kemudian hancur saat ada perang besar antara Aranzeb dan Dewa kriyos.

Para ras yang selamat adalah Nuian, Elves, Firran dan Harrani. Mereka kemudian mengungsi ke benua lain ,elalui portal antar dimensi. Nah, sobat akan memilih satu dari 4 ras tersebut untuk memulai game Arche Age dan setiap ras pastinya punya jalan ceritanya sendiri.

Arche Age memberikan pilihan serangan berbasis skill untuk mengalahkan musuh dalam sistem pertempuran. Oleh karena itu, VexaGame menyarankan sobat untuk membuat kombinasi semacam combo sehingga musuh cepat dikalahkan.

Hal yang perlu sobat ingat yaitu skill dengan serangan rendah memiliki waktu aktivasi yang cepat, sedangkan skill tinggi membutuhkan waktu pemulihan yang lama.

4. Ragnarok X: Next Generation

Rekomendasi Game MMORPG PC: Ragnarok X: Next Generation

Rekomendasi game MMORPG PC terbaik berikutnya yaitu Ragnarok X: Next Generation. Game ini cukup populer dan telah didonwload sebanyak 1 juta kali di PlayStore. Namun, sobat juga bisa lho memainkan game MMORPG ini melalui laptop dan komputer dengan emulator NoxPlayer.

Game besutan Nuverse ini dilengkapi dengan layanan pembayaran untuk membeli item digital atau mata uang virtual. Ragnarok X menawarkan beberapa fitur seperti Adventure with Company (menjalin mitra yang memiliki tujuan sama untuk membentuk persekutuan), Adventure Together Once More (Rekreasi 3D dari dunia besar dan cerita yang kaya), dan lainnya

Bagaimana? Menarik, bukan? Lansung saja unduh dan mainkan untuk merasakan keseruannya, Sob!

5. Dragon Nest

Januari 2020, World of Dragon Nest Mobile Siap Dirilis

Siapa yang tidak tau game Dragon Nest? Ya, game ini sudah tidak asing bagi para gamers yang suka main game online melalui PC. Dragon Nest jadi rekomendasi game MMORPG PC terbaik lainnya nih dari VexaGame.

Meskipun juga dapat dimainkan lewat ponsel android, Dragon Nest tetap memberikan fitur utamanya seperti PVP system dan Mode Nest. Game playnya pun masih sangat menarik, Sob.

Dragon Nest menyajikan 6 class yang dapat sobat upgrade saat mencapai level 15 dan 45. Enam class tersebut diantaranya Academic, Assassin, Cleric, Archer, Warrior, dan Sorceress.

Hal menarik dari game buatan Shanda Games ini yaitu adanya daily quest dan event yang melimpah sehingga sobat bisa meningkatkan progress karakter dengan cepat. Selain itu, ada fitur autoplay yang menawarkan sistem auto attack dana auto quest.

6. Ever Quest II

EverQuest 2 Free-to-Play Option is Great! - YouTube

Ever Quest II masuk daftar rekomendasi game MMORPG PC terbaik versi VexaGame karena banyaknya fitur yang dapat sobat coba.

Gameplay Ever Quest II cukup kompleks yang tentunya membuat sobat harus tetap fokus dalam memahami semiotika dan indeks dalam game ini. Selain itu, Everquest seri kedua ini juga menunjukkan kultur MMO yang hangat dengan norma kekeluargaan yang sangat cocok untuk ukuran game F2P.

Baca Juga: Game PS3 Terbaru dan Terbaik, Asyik Untuk Dimainkan!

Penutup

Bermain game MMORPG memang asyik dan seru karena bisa sambil chatting dengan pemain lain dari berbagai negara. Semoga rekomendasi game MMORPG PC terbaik di atas bisa menambah pilihan sobat Vexa untuk bermain game melalui ponsel.
Kira-kira mana nih yang paling sobat suka dan ingin coba? Jika da rekomendasi lain, silakan isi kolom komentar ya, Happy Gaming!