9 Cara Menggunakan Mesin Cuci dengan Tepat - Kemajuan teknologi dari waktu ke waktu telah meningkatkan pekerjaan kita sehari-hari. Misalnya dengan adanya mesin cuci yang dapat menghemat waktu dalam proses mencuci pakaian. Seperti perangkat elektronik lainnya, ada berbagai proses khusus yang terlibat dalam penggunaan mesin cuci yang harus dipahami agar pakaian kita terlihat bagus.

Yuk simak berbagai cara menggunakan mesin cuci yang tepat, agar pakaianmu tidak rusak!

Manfaat menggunakan mesin cuci

Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci yang Tepat

Sebelum kita berbicara tentang cara menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian, apa manfaat menggunakan mesin cuci?

  • Banyak waktu dan tenaga untuk bekerja dengan baik
  • Dapat mencuci pakaian dengan kapasitas tinggi
  • Sebagian besar mesin cuci sangat cocok untuk mencuci berbagai jenis pakaian
  • Menjaga kesehatan kulit terhadap alergi karena penggunaan sabun yang spesifik
  • Pencucian yang dapat ditinggal karena mesin bekerja secara otomatis

Nah, itulah beberapa keuntungan menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian. Oh ya, kamu juga bisa memilih jenis mesin cuci yang lebih hemat listrik agar lebih bertenaga, kan!

Cara Menggunakan Mesin Cuci

Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci yang Tepat

Untuk menjaga pakaian Anda sebersih mungkin tanpa ada kerusakan, berikut beberapa tips mencuci pakaian dengan mesin cuci yang bisa Anda terapkan:

1. Pilih jenis pakaian yang ingin Anda cuci

Hal terpenting yang harus dilakukan saat mencuci pakaian di mesin cuci adalah menyortir pakaian. Pasalnya, jenis pakaian seperti rajutan, renda atau t-shirt full stretch tidak bisa dipadukan dengan t-shirt atau sweater biasa. Jadi untuk menghindari merusak pakaian Anda, coba lakukan ini, oke!

2. Pisahkan pakaian putih dari warna lain

Beberapa pakaian, seperti merah, biru atau hijau, dapat ternoda saat dimasukkan ke dalam mesin cuci. Solusinya, Anda perlu memisahkan pakaian berwarna dari putih untuk mencegah pakaian putih Anda merusak pakaian berwarna.

3. Gunakan pemutih untuk pakaian putih

Merawat pakaian berwarna putih memang sedikit rumit. Dengan cara mencuci yang salah, lama kelamaan pakaian putih Anda bisa menguning. Untuk menghindarinya, gunakan pemutih yang dibeli di toko atau di toko barang bekas agar pakaian putih Anda terlihat seperti baru.

4. Hindari kain lembut dan pakaian putih

Apakah Anda tahu? Menggunakan pelembut kain pada pakaian putih bisa membuatnya keras dan kuning. Sebaiknya hindari menggunakan pelembut kain dan putih karena lebih tahan lama, oke!

5. Gunakan area terpisah untuk kaus kaki dan pakaian dalam

Jenis pakaian yang lebih kecil lebih rentan terhadap kerusakan saat ditempatkan di mesin cuci. Jika Anda ingin mencuci pakaian kecil seperti kaos kaki dan celana dalam, Anda bisa menggunakan tas khusus yang disebut laundry bag.

6. Cuci kaus kaki dengan air dingin

Pencucian air panas direkomendasikan untuk hasil yang bersih dan menghilangkan bau. Namun, hal ini tidak berlaku untuk kaus kaki, ya! Pasalnya, mencuci kaus kaki dengan air panas bisa membuat kaus kaki menjadi panas dan bau.

7. Gunakan sampo bayi untuk mengurangi penyusutan pakaian

Pakaian dapat menyusut karena dicuci berulang kali atau digunakan dalam waktu lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sampo bayi. Anda dapat menambahkan sampo bayi ke deterjen cucian Anda dan biarkan pakaian terendam selama 15 menit, lalu lanjutkan dengan proses pengeringan.

8. Hindari menjemur pakaian dalam waktu lama

Teknologi pembersihan mesin cuci menghemat waktu dan energi kita. Namun, sebaiknya hindari proses pengeringan yang lama di mesin cuci karena dapat merusak pakaian Anda seperti robek atau melar akibat putaran mesin cuci.

9. Bersihkan mesin cuci dengan obat kumur

Kalaupun tugasnya mencuci pakaian, jangan lupa untuk mencuci mesin cucinya sendiri, ya! Karena jika tidak dilakukan, kotoran yang menumpuk pada pakaian dapat merusak pakaian itu sendiri dan mesin cuci Anda. Anda dapat menggunakan obat kumur sebagai pengganti deterjen cucian dan menjalankan filter selama 10-15 menit untuk membersihkan mesin cuci.

Pengaturan mesin cuci umum

Secara umum, mesin cuci dengan berbagai jenis menawarkan banyak pengaturan yang dapat Anda ubah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi jangan lupa baca manual mesin cucinya biar tau pasti ya!

Misalnya, jika Anda memiliki pakaian dengan instruksi "lembut" atau "hanya mencuci tangan", Anda dapat mencucinya di mesin cuci dengan air dingin dan deterjen ringan dengan pengaturan panas. dan mengubah waktu. Untuk pakaian dengan bahan yang kuat dan tahan lama, Anda dapat menggunakan metode pencucian biasa dengan air hangat pada suhu 30°C-40 °C. Jika Anda ingin mencuci pakaian tanpa mencucinya, Anda juga dapat memilih pengaturan “spin only” pada pencucian Anda. mesin.

Baca Juga :
4 Perangkat Modern yang Sangat Bermanfaat Bagi Manusia

Penutup

Ya, itulah 9 cara menggunakan mesin cuci Anda. Ya, perlu diingat selain menjaga kebersihan pakaian, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan pakaian agar terhindar dari virus dan bakteri yang menempel. Jangan lupa untuk menjaga lingkungan dengan mendonasikan baju-baju cantik yang sudah tidak terpakai lagi kepada mereka yang paling membutuhkan atau mendaur ulangnya di pusat daur ulang terdekat, ya!