Rumus Dasar Microsoft Excel

Rumus Dasar Microsoft Excel Untuk Menghitung Cepat


Rumus Dasar Microsoft Excel untuk menghitung cepat  - Pekerjaan yang sulit dilakukan terkadang bisa mudah dilakukan dengan komputer. Salah satu pekerjaan yang sering memakan waktu yang lama adalah perhitungan. Dimana seringkali ketika sudah menghabiskan waktu yang cukup lama menghitung namun akhirnya salah. Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan menggunakan  komputer. Komputer dapat menghitung banyak data. Akan tetapi untuk menghitungnya perlu logika sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan perhitungan.

Perhitungan yang banyak digunakan adalah perhitungan dengan menggunakan microsoft excel. Dimana dalam microsoft excel sudah didesain untuk menyelesaikan dan memudahkan dalam melakukan perhitungan. Nah pas banget untuk artikel pada kali ini kita akan membahas mengenai Rumus Dasar Microsoft Excel untuk Memudahkan Perhitungan.

8 Rumus Dasar Microsoft Excel untuk Memudahkan Perhitungan

1. SUM

Fungsi dari rumus ini adalah digunakan untuk menjumlahkan suatu data. Rumus ini dapat dengan cepat menyelesaikan perhitungan mengenai penjumlahan data didalam cell. Dimana Rumus SUM ini memiliki kelebihan yaitu dapat menjumlahkan dengan menggunakan sebuah range data dari cell pertama sampai range data ke-n tanpa harus menuliskan angka per data.

RUMUS :

=SUM(Sel Data Awal:Sel Data Akhir)

2. AVERAGE

Rumus AVERAGE merupakan salah satu rumus dasar yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu kumpulan data. Biasanya penggunaan rumus ini sering digunakan dalam penjualan maupun di sekolah yaitu mencari nilai rata-rata penjualan dan nilai rata-rata siswa.

RUMUS :

=AVERAGE(Sel Awal:Sel Akhir)

3. MIN

Rumus MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu data di dalam sel. Jika dalam data siswa digunakan untuk mencari nilai paling bawah atau terendah.

RUMUS :

=MIN(Sel Awal:Sel Akhir)

Rumus dasar microsoft excel

4. MAX

Rumus MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu data didalam sel. Jika dalam data siswa digunakan untuk mencari nilai paling tertinggi.

RUMUS :

=MAX(Sel Awal:Sel Akhir)

rumus max

5. VLOOKUP

Merupakan rumus untuk mencari serta mengambil data dari kolom tertentu dalam sebuah tabel. Dimana cara kerjanya yaitu dengan melakukan pencocokan terhadap suatu tabel.

RUMUS :

=VLOOKUP(value,table.col_index,[range_lookup])

Keterangan :

  1. Value : Nilai yang ingin dicari dalam tabel
  2. Table : Tabel yang digunakan untuk mengambil nilai
  3. Col_index : Berapa Kolom pada tabel untuk mengambil  nilai
  4. Range_lookup : Pilihan TRUE = digunakan untuk memperkirakan kecocokan (Approximate Match) . FALSE = digunakan untuk mencocokan secara persis (Exact Match)
Vlookup Fungsi

6. HLOOKUP

Merupakan rumus dasar microsoft excel yang berfungsi untuk mencari data pada baris lalu mengambil nilai dari sebuah sel di dalam kolom yang terletak pada tabel.

RUMUS :

=HLOOKUP(Lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])

Keterangan :

  1. Lookup_Value : Nilai yang ingin dicari dalam tabel
  2. Table_array : Tabel data yang digunakan untuk mengambil nilai
  3. row_index _num: Berapa baris pada tabel untuk mengambil  nilai yang cocok
  4. Range_lookup : Pilihan TRUE = digunakan untuk mencari kecocokan yang mendekati. Sedangkan FALSE = digunakan untuk mencocokan secara persis. Jika tidak ditemukan maka hasilnya error dan muncul nilai kesalahan #N/A
rumus dasar hlookup

7. COUNT

Rumus dasar microsoft excel yang digunakan untuk menghitung banyaknya data dalam suatu cel atau di dalam tabel. Count berfungsi ketika mempunyai banyak sekali data namun tidak tahu jumlah datanya.

RUMUS :

=COUNT(Sel Awal:Sel Akhir)

8. RANK

Merupakan rumus dasar microsoft excel yang digunakan untuk menentukan peringkat atau ranking dalam sekelompok data. Biasanya banyak digunakan guru-guru disekolah untuk menentukan peringkat para siswa.

Rumus RANK

=RANK(Number;Referensi;[order]

Keterangan :

  1. Number adalah nilai yang akan dicari peringkatnya
  2. Referensi adalah range atau kumpulan nilai sebagai acuan dari pencarian ranking.
  3. [order] adalah acuan apakah nilai itu ascending atau descending untuk mengurutkan peringkat apakah dari nilai terkecil atau terbesar dengan menggunakan angka 0 atau 1. Jika nilai 0 maka nilai peringkat akan diurutkan dari bawah atau descending yaitu peringkat 1 ke n. Jika nilai 1 maka nilai peringkat akan diurutkan dari atas atau ascending yaitu peringkat n ke 1
rumus dasar excel rank

Baca Juga : 7 Ekstensi Chrome Terbaik Mengatur Pekerjaan

Penutup

Nah itu tadi Artikel yang membahas rumus dasar microsoft excel untuk memudahkan pekerjaan perhitungan. Semoga bermanfaat ya sobat Vexa Game

ARTIKEL TERKAIT

Indrawan Ady Saputro

Selagi mampu untuk memberi arti kenapa kau gunakan untuk yang sia-sia,
Berbuat baiklah dimanapun,kapanpun dengan siapapun supaya hidup bisa lebih memberi arti