Apa saja sih Perbedaan Blog dan Website? Yuk, Cari Tau! - Semakin berkembangnya zaman kegiatan yang dilakukan oleh kebanyakan orang semakin mudah contohnya dapat melakukan rapat secara online, komunikasi jarak jauh sudah wajar, dan masih banyak lagi. Namun banyak juga yang beranggapan juga itu adalah suatu hal yang rumit. di Era Digital seperti sekarang banyak orang mulai semakin banyak menjelajahi internet yang dimana akan kamu temui website dan blog contohnya.

Namun, banyak orang ternyata masih belum begitu paham apa itu website dan blog, bahkan ada yang bilang blog dan website itu sama, Tapi, tahukah kamu kalau blog dan website itu berbeda lho.

Namun, sebelumnya alangkah baiknya kalau kita cari tau dulu apa sih sebenarnya blog dan website itu?

Perbedaan Blog dan Website

Apa itu Blog?

Merupakan singkatan dari web log yang umumnya berisi konten berupa artikel, video, gambar yang umumnya fokus pada bidang tertentu. Biasanya isi konten dalam blog di-update secara berkala.

Perlu diketahui, blog dapat berupa opini, aktivitas maupun pengalaman dari sang penulis. Blog sendiri memiliki tujuan yang lebih spesifik misalnya mendapatkan leads yang berkualitas dan lebih prospek.

Apa itu Website

Adalah kumpulan halaman web yang terdapat pada satu domain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. Sederhananya, website adalah suatu sebutan untuk semua web yang ada di internet.

Umumnya berisi profil, beranda, halaman produk/jasa, kontak, bantuan, dll yang biasanya dikelola oleh suatu tim ahli atau profesional di bidang tertentu.

Perbedaan Blog dan Website

Tujuan

Perbedaan yang pertama adalah tujuan pengelolaan blog dan website.

Tujuan dari blog sendiri umumnya untuk menjangkau audiens sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan niche blog mereka sehingga dapat meningkatkan traffic dan juga mendapatkan leads yang berkualitas dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO).

Sedangkan tujuan website adalah menyediakan informasi lengkap seputar bisnis atau produk atau jasa tertentu misalnya profil, tentang, katalog produk dan lain-lain guna mempermudah pelanggan bertransaksi secara online maupun meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan ditampilkannya profil dan sejarah perusahaan yang jelas.

Dengan digital marketing yang bagus dapat menarik pelanggan baru masuk untuk bertransaksi di website tersebut jadi jangkauan pasar menjadi lebih luas tidak hanya offline namun online juga.

Konten yang dibagikan

Blog cenderung menyajikan konten-konten yang relevan dengan si pembaca. Bisa berupa Artikel, video, gambar menyesuaikan niche dan pemilik blog.

Ada juga, Konten blog berisi opini, pengalaman maupun aktivitas dari sang penulis. Dan juga konten yang memuat seputar produk atau ide bisnis tertentu, ini biasanya ada di Blog Perusahaan.

Untuk mencapai target audiens sebanyak-banyaknya, konten blog menggunakan teknik SEO. Dengan begitu jangkauannya menjadi luas dan mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Sementara untuk Website, Informasi yang disajikan lebih spesifik tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan, organisasi, lembaga atau lainnya. Contoh : Tentang, Sejarah, Kontak, Produk/Jasa.

Dan tentunya kata kunci utamanya adalah nama perusahaan/organisasi dan kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa. Oleh sebab itu, teknik SEOnya memiliki tips dan trik tersendiri.

Update Konten

Selain topik konten yang sudah dibahas di atas, perbedaan blog dan website selanjutnya adalah intensitas Konten atau Up to date konten.

Blog lebih sering update konten dan bahkan bisa setiap hari karena blog fokus pada konten agar informasi yang disajikan tetap up to date guna mendapatkan traffic yang tinggi juga.

Sedangkan website, di-update pada saat dibutuhkan saja. Misalnya : ada produk baru, perubahan harga, fitur baru, dll.

Arah Komunikasi

Komunikasi juga menjadi salah satu perbedaan blog dan website. Blog umunya lebih interaktif, sedangkam website bersifat satu arah. Mengapa demikian?

Karena di blog kalian dapat meninggalkan komentar di blog sehingga si pengelola blog dapat membalasnya dan tak terbatas itu saja, pembaca lain juga dapat membalasya jadi dengan begitu daoat menjadi ruang untuk saling berinteraksi satu sama lain.

Nah, untuk website umunya menyediakan live chat, form kontak atau umumnya langsung diarahkan ke nomor yang dapat dihubungi atau sosial media. Karena memang fokusnya adalah transaksi, jadi saat ada prospek, si pengelola website dapat berkomunikasi secara mendalam dengan yang bersangkutan.

Gaya Bahasa yang digunakan

Blog dan website menggunakan gaya bahasa yang berbeda.

Untuk blog sendiri menggunakan gaya bahasa yang lebih santai namun sopan karena memang tujuannya untuk berkomunikasi dengan target audiens yang sesuai dengan niche dengan harapan interaksi antara penulis dan pembaca terkesan akrab dan enjoy tanpa mengurangi inti pemahaman suatu konten di blog tersebut.

Berbeda dengan blog, untuk website menggunakan gaya bahasa yang lebih profesional dan formal. Alasannya adalah target audiensnya lebih luas dan umum dengan harapan si pembaca langsung dapat menangkap apa yang disampaikan dalam website tersebut.

Berlangganan atau Subscribe

Fungsi berlangganan atau subscribe juga berbeda untuk keduannya yaitu,

Berlangganan atau subscribe pada blog memungkinkan subscriber mendapatkan notifikasi setiap ada konten baru sehingga tidak ketinggalan update konten pada blog tersebut.

Untuk website berfungsi untuk mendapatkan newsletter seputar produk atau jasa yang berisi berbagai macam informasi seperti promo terbaru, fitur terbaru, katalog terbaru, dan lain-lain.

Pengelola

Perbedaan yang terakhir adalah pengelola.

Biasanya blog dikelola oleh seorang atau beberapa orang atau penulis, dan mereka inilah yang disebut blogger.

Sedangkan website, kebanyakan dikelola oleh sebuah tim ahli atau profesional atau perusahaan tertentu. Umumnya terdiri dari developer, copywriter, web designer, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Blog dan Website?

Bagaimana Cara Membuat Blog dan Website?

Di bagian ini, kita akan sedikit membahas bagaimana cara membuat blog dan website. Ini bukan tutorial ya, hanya memberikan sedikit tips buat kalian yang ingin mulai menjadi blogger pemula ataupun sedang membangun bisnis online dengan membuat website. Yuk, simak langkah-langkah membuat blog dan website.

Langkah-langkah membuat blog :

  1. Tentukan niche blog
    Tentukan jenis konten ingin kalian buat untuk blog. Misalnya Teknologi, Game, Traveling, Kuliner, dan lain-lain.
  2. Pilih web hosting yang tepat
    Memungkinkan untuk mengonlinekan website supaya dapat traffic dari pengunjung blog. Pilihlah tipe hosting yang sesuai untuk blog kalian.
  3. Tentukan nama domain
    Merupakan alamat URL unik yang dimiliki setiap website atau blog guna mengaksesnya.
  4. Instal platform pengelolaan blog
    CMS (Content Management System) adalah software yang memungkinkan kalian untuk membuat dan mengelola blog atau website dengan mudah, mulai dari mengatur tampilan, isi dan fitur. Contoh : WordPress.
  5. Rilis konten blog
    Buat postingan blog dan update secara berkala

Langkah-langkah membuat website :

  1. Tentukan jenis website
    Pilih sesuai tujuan kalian saat ada niatan untuk membuat website. contoh : website edukasi, toko online, blog, dll.
  2. Tentukan web hosting yang tepat
    Pilih sesuai kebutuhan website kalian karena web hosting untuk menyimpan semua data di website secara online.
  3. Tentukan nama domain
    Buat nama domain yang unik dan mudah diingat karena nama domain tersebut yang akan digunakan untuk mengakses website.
  4. Tentukan platform website
    Disinilah kalian akan mengelola website jadi pilihlah sesuai kemampuan masing-masing.
  5. Optimasi dan kustomisasi website
    Atus konfigurasi website dari sistem keamanan, fitur, tampilan, dsb.

Contoh Blog dan Website

Berikut beberapa contoh website dan blog :

1. Niagahoster

Website Niagahoster
Website Niagahoster
Blog Niagahoster
Blog Niagahoster

2. Pexels

Website Pexels
Blog Pexels

Kesimpulan

Apakah kalian tertarik untuk mulai jadi blogger atau mau membangun bisnis online kalian dengan membuat webiste atau toko online?

kalau iya, yuk mulai lah dengan yang sederhana dulu. Tapi kalian tidak ada basic di coding atau awam dengan website atau kalian tidak mau ribet? tenang! kalian bisa membangun website dengan cepat dan mudah menggunakan jasa pembuatan dan jasa desain website di Niagaweb.

Baca Juga :
1. Cara Buka Website Yang Diblokir Pada PC
2. Cara Membedakan Tombol Download dan Iklan Pada Website
3. Jenis Error di Internet dan Cara Mudah Mengatasinya

Penutup

Nah, itulah pembahasan perbedaan blog dan website yang perlu kamu ketahui karena zaman semakin berkembang dan digitalisasi sudah banyak diterapkan di berbagai aspek.

Sekian dulu informasi bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.