Mediatek vs Snapdragon, Siapa Yang Terbaik? - Persaingan smartphone semakin ketat setiap harinya. Banyak brand brand ternama yang bersaing untuk menguasai pasar smartphone dunia. Dalam persaingan tersebut peran chipset yang digunakan brand smartphone dalam handphone nya sangat menentukan kesuksesan suatu brand. Chipset yang paling banyak peminatnya saat ini yaitu qualcomm dan mediatek. Sejak dulu dua brand ini selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik. Selain dua brand ini ada juga smartphone yang menciptakan chipsetnya sendiri. Brand tersebut adalah samsung dengan exynos dan huawei dengan kirin. Tapi pada artikel ini kita tidak akan membahas kedua chipset tersebut.

Sebagian dari sobat vexa pasti bingung dalam menentukan chipset dalam smartphone yang akan sobat vexa beli. Karena satu jenis hp dari brand yang sama biasanya mengeluarkan handphone dengan 2 chipset yang berbeda. Maka dari itu artikel ini mimin buat untuk sobat vexa yang ingin membandingkan mana yang lebih baik antara kedua chipset ini. Jadi tanpa berlama lama lagi kita langsung saja masuk kedalam pembahasannya. Let's Check it Out!

Sekilas Tentang Snapdragon dan Mediatek

mediatek vs snapdragon
System on Chip (SoC)

Sekilas Tentang Mediatek

Mediatek merupakan perusahaan asal taiwan yang menjadi pesaing berat dari qualcomm. Meskipun dalam pasar smartphone mediatek masih kalah jika dibandingkan dengan qualcomm, namun performa dari mediatek ini tidak boleh sobat vexa anggap remeh. Dalam pasar smartphone global mediatek menjadi favorit banyak pecinta gadget karena performa yang cepat dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan snapdragon. Untuk jenis dari mediatek sendiri ada beberapa jenis yaitu mediatek helio X series, A series, P series, G series, dan Mediatek Dimensity. Apakah ada sobat vexa yang menjadi mediatek fans?.

Sekilas Tentang Snapdragon

Snapdragon merupakan sebuah chipset buatan perusahan qualcomm yang saat ini menguasai pasar smartphone. Qualcomm sendiri terkenal pada kalangan pecinta gadget sebagai penghasil chipset berkualitas dan tentunya memiliki performa handal pada chipset snapdragon buatannya. Snapdragon sendiri terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari yang terendah yaitu snapdragon 200 series hingga yang tertinggi saat artikel ini mimin buat yaitu snapdragon 8 gen 1. Untuk snapdragon 8 gen 1 saat ini hanya berada pada hp kelas flagship saja atau smartphone dengan harga lebih dari 10 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Mediatek vs Snapdragon

Rasanya tidak lengkap jika membandingkan sesuatu tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing masing produk. Maka kali ini mimin akan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari mediatek dan snapdragon.

Kelebihan Mediatek :

  1. Harga Yang Relatif Lebih Murah
    Memang smartphone yang memiliki prosesor mediatek biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada snapdragon. Namun mediatek ini memiliki harga murah tapi gak murahan ya sob. Kinerja dari prosesor mediatek ini tidak bisa sobat vexa pandang dengan sebelah mata. Hal ini dapat sobat vexa buktikan dengan banyaknya hp gaming yang menggunakan prosesor ini.
  2. Hemat Ram Namun Performa Grafis Tinggi
    Selain harga yang murah performa grafis dari mediatek ini cukup tinggi loh sob. Namun performa grafis yang tinggi tidak serta merta menjadikan mediatek menggunakan banyak ram dalam smartphone mereka. Justru sebaliknya penggunaan ram dari smartphone berprosesor mediatek bisa dibilang cukup hemat dalam penggunaan ram. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dibanding smartphone berprosesor snapdragon.

Kekurangan Mediatek :

  1. Cepat Panas
    Salah satu keluhan yang paling sering terjadi dari pengguna smartphone yang dibekali prosesor mediatek adalah cepat panas. Hal ini memang wajar dikarenakan performa tinggi yang ditawarkan pada smartphone berprosesor mediatek. Jadi merupakan hal yang sangat lumrah apabila smartphone berprosesor mediatek ini menjadi cepat panas saat sobat vexa gunakan untuk bermain game.
  2. Menggunakan Core Standar
    Kekurangan dari mediatek yang lainnya adalah core berkualitas standar yang digunakan oleh mediatek untuk prosesornya. Hal ini memang lumrah karena mediatek hanya berfokus untuk pembuatan smartphone kelas menengah. Karena alasan itulah Cpu Core yang tersedia pada smartphone berprosesor mediatek hanya core kelas standar saja.
  3. Baterai Boros
    Kekurangan lainnya yang harus sobat vexa perimbangkan sebelum membeli smartphone berprosesor mediatek adalah baterai yang boros. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap experience dari user smartphone mediatek. Performa grafis yang tinggi membuat penggunaan baterai pun tinggi.

Kelebihan Snapdragon :

  1. Performa Grafis Maksimal
    Sudah bukan rahasia lagi kalo performa dari grafis snapdragon lebih unggul daripada performa grafis buatan mediatek. Hal ini dikaarenakan qualcomm selalu menggunakan teknologi yang paling mutakhir dalam pembuatan gpu untuk smartphone yang menggunakan chipset buatan mereka. Maka dari itu tidak heran jika performa gaming dari qualcomm mendapatkan banyak pujian karena lebih barik dari performa gpu buatan mediatek.
  2. Kinerja Prosesor Stabil
    Selain Gpu yang memiliki peforma baik, ternyata kinerja dari prosesornya juga tidak kalah loh sob. Prosesor dari snapdragon ini mendapatkan banyak pujian juga karena memiliki performa yang stabil. Hal ini dapat sobat vexa buktikan dengan melihat frame per second atau fps saat bermain game. Pengalaman bermain game dari hp ber prosesor snapdragon akan sangat stabil karena kinerja prosesornya yang sangat baik.

Kekurangan Snapdragon :

Selain memiliki banyak kelebihan tentunya snapdragon juga memiliki kekurangan nih sob, setiap brand pasti punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Inilah daftar kekurangan snapdragon menurut mimin.

  1. Penggunaan Ram yang Boros
    Memiliki kinerja yang baik pada prosesor dan gpu tentunya harus ada bagian yang ditekan untuk menopang kinerja dari snapdragon. Yap, bagian itu adalah Ram. Dengan kinerja prosesor dan gpu yang maksimal membuat penggunaan ram yang cukup boros sehingga apabila ram dari hp tidak besar maka smartphone akan melambat dan aplikasi tidak akan berjalan lancar. Maka dari itu jika sobat vexa ingin membeli smartphone berprosesor snapdragon maka pilihlah smartphone dengan varian ram 4 Gb keatas agar stabil.
  2. Harga Yang Relatif Mahal
    Selain dari penggunaan ram yang boros, salah satu kekurangan dari snapdragon adalah harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan mediatek. Hal ini mengingat performa dari SoC snapdragon lebih baik dari mediatek. Ada pepatah yang mengatakan bahwa ada harga ada kualitas, yap itu adalah pepatah yang cocok digunakan dalam prosesor snapdragon ini.

Kesimpulan

Jadi mana kah yang lebih baik antara mediatek vs snapdragon? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan budget sobat vexa. Jika sobat vexa memiliki budget yang lebih maka silahkan sobat vexa pilih smartphone dengan prosesor snapdragon. Namun jika sobat vexa ingin membeli smartphone dengan harga murah tapi gak murahan, mediatek jawabannya. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan sobat vexa.

Baca Juga :
1. Cara Mengatasi Memori HP Penuh Dengan Mudah Dan Tepat
2. Tips Memilih HP Gaming Terlengkap
3. Daftar 5 HP Ram 8gb di bawah 2 Juta Terbaik!

Penutup

Itu tadi merupakan perbandingan antara mediatek vs snapdragon. Seperti biasa jika ada informasi yang salah atau kurang bisa sobat vexa tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Jika ada kritik, saran, atau usulan bisa juga sobat vexa tulis pada kolom komentar dibawah. Agar vexagame menjadi lebih baik kedepannya. See You!