Kelebihan Dan Kekurangan Mouse Wireless - Mouse atau “tetikus” adalah  suatu hardware komputer yang memiliki fungsi  menerima input berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll). Biasanya berfungsi untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse juga memiliki dua tombol klik yaitu tombol klik kanan dan klik kiri. Pada mouse terdapat juga scroll atau penggulungan yang umumnya berada di bagian tengah sebagai pemisah klik kiri dan kanan.

Mouse merupakan alat yang memiliki peran penting  dalam mengoperasikan sebuah computer yaitu sebagai perangkat yang berguna sebagai alat penunjuk atau Pointing Device, yang juga memiliki fungsi sebagai penerima suatu intruksi atau perintah dari pengguna komputer. Secara garis besar berdasarkan cara mouse terkoneksi ke komputer maupun laptop, kategori mouse ada dua yaitu mouse dengan kabel(wired) dan mouse tanpa kabel (wireless).

Port untuk mouse berkabel umumnya adalah port USB namun ada juga yang menggunakan port PS/2 pada computer. Sedangkan untuk mouse wireless, mouse dapat terhubung ke computer atau laptop melalui sinyal. Setiap gerakan ataupun klik yang terjadi pada mouse wireless nantinya akan terekam dan selanjutnya akan mengirimkan sinyal melalui Radio Frequency (RF) transmitter. Sinyal tersebut terdapat dalam mouse yang kemudian sinyal tersebut diterima oleh RF Receiver yang biasanya berbentuk seperti flashdisk yang biasanya memakai port USB yang di pasang pada komputer/laptop.

Kelebihan Dan Kekurangan Mouse Tipe Wireless

1. Kelebihan Mouse Tipe Wireless

Kelebihan Dan Kekurangan Mouse Wireless
  • Pergerakan Lebih Leluasa

Dengan tidak adanya kabel penghubung, maka akan memudahkan kita apabila ingin menggunakan mouse dengan jarak yang lebih jauh jangkauan mouse beragam, ada yang memiliki jangkauan sampai 25 meter namun dapat berbeda-beda setiap merk. Dengan menggunakan mouse wireless presentasi saat berada dalam kelas ataupun kantor bisa dari jarak yang agak jauh dari laptop. Kita bisa membawa mouse sambil berkeliling ruangan untuk bisa memberikan interaksi dengan lawan presentasi kita.

  • Mudah Dibawa

Mouse wireless cenderung lebih mudah dan praktis jika dibawa pergi karena tidak perlu repot untuk menggulung kabel dan tidak perlu khawatir akan kabel yang tertekuk atau bahkan putus di dalam tas yang tentunya berbeda jika kita menngunakan mouse berkabel.

  • Lebih rapi

Dengan menggunakan mouse wireless set-up meja kita akan tampak lebih rapi tanpa kabel mouse yang berserakan di meja kita.

2. Kekurangan Mouse Tipe Wireless

  • Daya yang terbatas

Salah satu kekurangan yang cukup menyusahkan dari mouse wireless adalah dayanya yang terbatas. Daya yang terbatas ini diakibatkan sumber daya yang digunakan untuk menghidupkan mouse wireless ini biasanya adalah baterai. Walaupun umunya mouse wireless memiliki fungsi mekanisme untuk mematikan perangkat mouse setelah beberapa menit tidak dipakai demi kelangsungan baterai yang lebih lama.

Namun jika baterai mousenya sudah habis tentu saja tidak bisa memakai mouse sama sekali. Salah satu tanda jika baterai mouse kita sudah melemah ialah lampu pada mouse yang terliihat kurang terang. Mouse menggunakan baterai yang biasanya cukup mudah mendapatkan toko terdekat namun hal ini dapat menjadi hal cukup menyusahkan karenakan kita tidak tahu kapan baterai akan mati. Ada baiknya untuk kita selalu membawa baterai cadangan apabila memiliki mouse wireless.

  • Receiver kecil

Receiver ini merupakan perangkat yang penting untuk mouse wireless. Karena benda ini adalah perangkat yang memiliki tugas untuk menerima inputan sinyal dari transmitter yang ada pada mouse yang nantinya meneruskan ke komputer atau laptop. Ukuran receiver ini cenderung kecil, ukuranya mungkin sepertiga dari ukuran flashdisk pada umumnya.

Jika benda ini hilang, maka pengguna tidak bisa menggunakan mouse sama sekali. Hilangnya receiver dapat terjadi jika kita sering melepas receiver dari perangkat laptop atau computer kita. Karena ukurannya yang cenderung kecil ini receiver rawan untuk jatuh dan terselip. Biasanya pada mouse wireless terdapat tempat khusus untuk meletakan receiver.

  • Mouse Wireless Mudah Terjatuh

Mouse wireless cenderung memiliki resiko mudah jatuh ke lantai daripada mouse kabel. Hal ini karena dengan tidak adanya kabel pada mouse wireless maka saat mouse terjatuh, tidak ada yang menyangga mouse tersebut.

Baca juga :
1. Cara Melihat Spesifikasi Komputer Secara Detail dan Mudah
2. Tips Memilih Hardisk Laptop Dengan Baik dan Benar

Penutup

Kelebihan mouse wireless lebih kepada kerapian, luasnya ruang gerak dan mobilitas. Penggunaan mouse wireless dapat memudahkan kita saat melakukan kegiatan yang membtuhkan akses mouse dalam jarak yang cukup jauh. Namun kekurangannya yang cukup besar ada pada masalah daya karena jika baterai habis sewaktu-waktu.

Apabila baterai habis saat kita melakukan sebuah presentasi dan kita tidak memiliki baterai cadangan maka itu akan menjadi sebuah masalah bagi kita. Sehingga perlu untuk mengganti atau mengecek baterai secara berkala. Semoga bermanfaat ya sobat Vexa Game