Hardisk Tidak Terbaca Di Bios Apa Penyebabnya ? - Hardisk adalah alat penyimpanan yang bisa untuk menyimpan sistem operasi, file instalasi software, file dokumen dan lain sebagainya. Sehingga fungsinya dalam suatu perangkat komputer sangat penting maka jika ada masalah akan berdampak besar bagi komputer. Masalah yang sering adalah hardisk komputer tidak terdeteksi oleh sistem atau BIOS.

BIOS(Basic Input Output System) merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang ditulis dalam bahasa assembly yang memiliki tugas untuk  mengatur fungsi-fungsi dasar dari perangkat hardware. BIOS umumnya terletak pada chip memori flash atau ROM yang terbuat dari bahan CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) yang terdapat di mainboard/motherboard.

Masalah yang sering terjadi pada hardisk kenapa tidak bisa terbaca dalam proses awal menghidupkan komputer adalah karena pemasangan yang salah dan mungkin adanya pin yang rusak. Nah pada kali ini admin akan membahas bagaimana cara dan penyebab hardisk bisa tidak terbaca saat berada dalam sistem BIOS.

Masalah Hardisk Tidak Terbaca Di Bios

Hardisk tidak terbaca di bios

Awalnya BIOS melakukan proses inisialisasi lalu BIOS juga melakukan pengecekan terhadap device ROM lainnya, seperti harddisk dan melakukan pengetesan terhadap RAM. Setelah semua pengetesan dan pengecekan terhadap perangkat selesai, langkah selanjutnya yang dilakukan BIOS adalah mencari lokasi booting untuk memasuki sistem operasi yang telah terinstall.

Bios memiliki fungsi, antara lain:

  • Menjalankan perintah POST(Power On Self Test ) yang berfungsi utuk mengenali semua hardware / perangkat keras yang terpasang pada PC / Komputer.
  • Mengeksekusi MBR ( Master Boot record ) Yang berada pada sector pertama pada harddisk, yang berfungsi untuk memanggil Sistem Operasi dan Menjalankannya.
  • Mengatur konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting/urutan booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  • Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

Sehingga BIOS memiliki fungsi penting salah satunya mendeteksi komponen atau perangkat hardware yang terhubung dalam komputer. Salah satunya yaitu memeriksa hardisk apakah terbaca atau tidak. Hard Disk Drive biasa juga disebut Hard disk atau HDD adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi. Informasi tersebut bisa berupa dokumen, gambar, data sistem, maupun OS menggunakan cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik.

Lalu bagaimana jika Hard Disk pada komputer tidak terdeteksi dalam BIOS, maka tidak bisa mengakses sebuah sistem operasi yang tersimpan dalam hardisk. Sehingga komputer akan stuck dalam proses pembacaan komponen. Penyebab masalah hardisk tersebut bisa timbul karena hardisk adanya kesalahan saat memasang kabel atau kurang pas saat memasang pin hardisk, juga bisa karena kurangnya pasokan listrik atau daya sehingga piringan hardisk tidak berputar.

Cara Mengatasi Masalah Hardisk Yang Tidak Terbaca Di Bios

1. Masalah Saat Memasang Kabel

Hardisk tidak terbaca di bios

Kesalahan dalam pemasangan kabel pada HDD dapat menjadi salah satu faktor kenapa HDD kita tidak terbaca dalam BIOS. Kesalahan dalam perkabelan ini bisa berupa kabel bengkok,kesalahan pemasangan PIN, terlipat, atau bahkan ternyata kabel yang putus. Oleh karena itu BIOS bisa melakukan deteksi jika ada kerusakan pada kabel HDD yang rusak.

Solusi untuk masalah tersebut adalah mengecek keadaan kabel HDD kita, pastikan kabel dalam keadaan baik dan normal bila perlu gunakan alat tester untuk mengetahui apakah kabel dapat berfungsi dengan baik.

2. Piringan hardisk tidak berputar

Hardisk tidak terbaca

Masalah tidak terbacanya hardisk bisa mungkin karena piringan pada HDD tidak berputar. Penyebabnya bisa jadi karena ada kerusakan pada perangkat HDD anda atau bisa juga tidak adanya daya atau pasokan listrik. Selain itu juga bisa terdapat kesalahan pada aliran listriknya.  Berikut langkah atau cara untuk melakukan pemeriksaan dan mengatasinya :

  • Matikan komputer
  • Cabut dan pasang lagi kabel yang tertancap di HDD. Pastikan kabel dapat berfungsi dengan baik.
  • Saat komputer menyala,coba dengar / pegang HDD nya apakah HDD sudah terasa berputar atau terdengar suara piringan HDD yang berputar.
  • Periksa juga kondisi dari PSU. Bisa jadi masalah bukan pada kabel atau HDD anda melainkan PSU anda yang mengakibatkan pasokan listrik ke HDD anda mengalami gangguan.
  • Jika masih belum berhasil dengan kondisi perangkat pendukung HDD yang sudah dapat dipastikan dalam keadaan baik, maka coba fungsikan HDD anda sebagai HDD eksternal dan lakukan cek pada perangkat computer berbeda untuk mengetahui keadaan HDD anda.
  • Jika memang HDD anda masih tidak berfungsi maka solusi terakhir adalah dengan  claim garansi HDD anda jika masih berlaku atau anda bisa mengganti HDD anda dengan yang baru.

Baca Juga :
1. Hardisk Komputer Tidak Terbaca, Bagaimana Solusinya ?
2. Cara Cek Kesehatan Hardisk Windows 10 Dengan Mudah

Penutup

Pentingnya fungsi hardisk maka dari itu penting sekali untuk melakukan backup secara berkala agar data-data penting ketika kita butuhkan masih tersedia dan dapat terbuka. Demikian beberapa cara sehingga pengguna bisa memperbaiki masalah hardisk yang tidak terbaca dalam BIOS. Semoga bermanfaat ya sobat Vexa Game