Seperti yang kamu ketahui bahwa anime merupakan pop culture dari jepang yang mendunia. Anime yaitu animasi bergambar dari jepang. Perlu kamu ketahui terdapat berbagai macam genre atau jenis anime.

Artikel ini akan membahas berbagai macam genre anime tersebut. Kamu dapat memilih anime yang cocok dengan kamu. Maka, berikut ini berbagai macam genre anime.

Berbagai Macam Genre Anime dan Artinya

Action

Genre Anime

Nantinya akan berhubungan dengan aksi atau perkelahian baik itu tanpa senjata atau dengan senjata. Hal tersebut dapat kamu lihat dari adanya adegan aksi dari tokoh. Contoh: Demon Slayer, One Punch Man, dan lain-lain.

Adventure

Genre Anime

Anime ini bercerita tentang kisah perjalanan, petualangan dan penjelajahan dari tokoh animenya. Tujuannya agar tokoh anime tersebut dapat menggapai ambisi atau menyelesaikan misi. Contoh: One Piece, No Game No Life, dan lain-lain.

Mecha

Merupakan anime yang membahas tema tentang dengan dunia robot atau yang berhubungan dengan mesin. Genre mecha tersebut dapat berhubungan dengan genre action. Contoh: Full Metal Panic, Neon Genesis Evangelion, dan lain-lain.

Cars

Adalah anime yang memiliki tema tentang dunia mobil. Biasanya dunia mobil yang dibahas bisa tentang balapan, pertualangan dan lainnya. Contoh: Initial D, Capeta’s Formula One, dan lain-lain.

Drama

Genre Anime

Nantinya dalam genre ini akan membahas tentang kisah kehidupan dari tokoh animenya. Kisah kehidupan ini akan memiliki kondisinya yang kompleks, penuh emosional dan konflik batin. Contoh: Anohana, KokoroConnect, dan lain-lain.

Fantasy

Dalam genre ini akan memiliki kisah imajinatif atau hal yang tidak pernah ada di dunia nyata. Biasanya dalam genre ini akan membahas tentang dunia sihir, sulap atau sebagainya. Contoh: Made in Abyss, Black Clover, dan lain-lain.

School Life

Pada genre ini akan lebih membahas tentang cerita dalam dunia sekolah. Cerita tersebut bisa dalam bentuk persahabatan, kisah romantic, atau sebagainya. Contoh: My Hero Academia, Hyouka, dan lain-lain.

Slice of Life

Untuk genre ini akan bercerita tentang kehidupan sehari-hari dari tokoh animenya. Cerita yang akan diangkat biasanya tentang kehidupan keseharian manusia. Contoh: Shiro Bako, K-on, dan lain-lain.

Samurai

Seperti namanya, genre ini akan membahas tentang dunia samurai. Perlu kamu ketahui bahwa genre ini juga akan menunjukkan gambaran tentang kehidupan pada masa itu. Contoh: Samurai X, Afro Samurai, dan lain-lain.

Military

Dalam genre ini akan lebih membahas cerita yang berlatar belakang peperangan atau serba serbi militer. Cerita tersebut baik itu membahas tentang strategi perang, senjata, atau lainnya.  Contoh: Youjo Senki, Code Geass, dan lain-lain.

Historical

Genre Anime

Dalam genre ini akan membahas tentang cerita masa lalu. Cerita dalam genre ini akan lebih membahas tentang kehidupan masa lalu. Contoh: Kingdom, Rurouni Kenshin, dan lain-lain.

Police

Genre Anime

Seperti namanya, nantinya genre ini akan memiliki cerita tentang dunia kepolisian. Untuk cerita dari genre ini akan lebih membahas kehidupan dan aparat yang melindungi warga. Contoh: Rail Wars!, ACCA, dan lain-lain.

Sci-Fi (Science Fiction)

Memiliki cerita tentang dunia dimana teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah maju. Dimana kamu akan menemukan gambaran teknologi masa depan dalam genre ini. Contoh: Sonny Boy, Psycho-Pass. Dan lain-lain.

Sport

Dalam genre ini akan lebih berhubungan tentang dunia olahraga. Dunia olahraga yang dibahas seperti Sepakbola, Voli, Sepeda, dan lainnya. Contoh: Slamdunk, Bamboo Blade, dan lain-lain.

Matrial Art

Merupakan genre yang membahas tentang dunia seni bela diri. Nantinya kamu akan menemukan action dalam genre ini. Bela diri yang dibahas seperti karate, judo dll.Contoh : Ranma ½, Hunter x Hunter, dan lain-lain.

Musik

Pada genre ini akan lebih banyak bahasan tentang musik. Nantinya musik tersebut dapat dimainkan oleh tokoh anime dalam bentuk solo, band, grup dance atau pertunjukan musikal. Contoh: Beck, Nodame Cantabile, dan lain-lain.

Harem

Genre ini mungkin akan sedikit aneh karena membahas tentang cerita yang unik. Karena nantinya tokoh anime yang laki-laki akan dikelilingi banyak perempuan. Contoh: Nisekoi, The Familiar of Zero, dan lain-lain.

Reverse Harem

Jika dalam anime terdapat tokoh perempuan dikelilingi banyak laki-laki. Maka anime tersebut memiliki genre reverse harem. Contoh: Kiss Him No Me, Amnesia, dan lain-lain.

Romance

Genre Anime

Merupakan genre yang bercerita tentang kisah percintaan perempuan dan laki-laki yang sifatnya menjaga hubungan tersebut. Contoh: Mirai, After The Rain, dan lain-lain.

Shoujo

Genre Anime

Adalah genre tentang masalah percintaan atau pengembangan karakter dan bagi perempuan berusia 10-18 tahun. Contoh: Byousoku 5 Centimeter, Nijiiro Days, dan lain-lain.

Josei

Sama seperti genre shoujo tapi lebih memiliki cerita yang lebih kompleks. Genre ini bisanya untuk perempuan berusia 18-30 tahun. Contoh: Nana, Usagi Drop, dan lain-lain.

Seinen

Merupakan genre yang membahas tentang masalah dewasa dan biasanya untuk pria berusia 18-30 tahun. Contoh: 3-Gatsu No Lion, Tokyo Ghoul, dan lain-lain.

Shounen

Memiliki cerita zero to hero tentang tokoh utama anime yang lemah lalu menjadi kuat. Genre ini bisanya ditunjukkan untuk laki-laki berusia 10-18 tahun. Contoh: Naruto, Bleach, dan lain-lain.

Shoujo-ai

Genre ini biasanya bercerita tentang hubungan antara perempuan sebagai teman atau saudara dekat. Cerita dalam genre ini biasanya tentang persahabatan. Contoh: Kanamemo, Yuri On Ice, dan lain-lain.

Shounen-ai

Dalam genre ini memiliki cerita tentang hubungan antara laki-laki sebagai teman atau saudara dekat. Seperti dalam genre shoujo-ai, yaitu memiliki cerita tentang persahabatan. Contoh: Love Stagel, Loveless, dan lain-lain.

Kids

Genre Anime

Yaitu genre yang dikhususkan untuk anak-anak. Tapi ada juga remaja maupun orang dewasa yang menonton. Contoh: Tottoko Hamtarou, Sonic X and Sonic Series, dan lain-lain.

Space

Genre Anime

Untuk genre ini memiliki tema tentang luar angkasa. biasanya juga berhubungan dengan mendarat ke planet lain. Contoh: Cowboy Bebop, Planetes, dan lain-lain.

Comedy

Merupakan genre yang membahas tentang tema komedi. Kamu akan terhibur dengan menonton lawakan dari genre ini. Contoh: Asobi Asobase, Back Street Girls, dan lain-lain.

Parody

Genre Anime

Sama seperti genre comedy yang bertujuan melakukan lawakan. Plesetan tersebut antara lain komik, manga, film, sinetron, acara komedian, tv, peristiwa, sejarah bahkan anime lain. Contoh: Lucky Star, Hayate no Gotoku!, dan lain-lain.

Game

Merupakan genre yang memiliki cerita adaptasi dari game. Biasanya yang menyukai genre ini adalah yang menyukai game tersebut. Contoh: Overlord, Log Horizon, dan lain-lain.

Supranatural

Dalam genre ini bercerita tentang kekuatan supranatural tetapi menentang hukum ilmu pengetahuan manusia. Contoh: Akame ga Kill, Kekkai Sensen, dan lain-lain.

Super Power

Genre Anime

Sama seperti genre supranatural yang membahas tentang kekuatan di luar ilmu pengetahuan. Tetapi bedanya, untuk genre super power bercerita tantang kekuatan super yang lebih besar dengan daya hancur yang luar biasa. Contoh: Boku No Hero Academia, One Punch Man, dan lain-lain.

Magic

Dalam genre ini bercerita tentang dunia sihir. Nantinya akan terdapat elemen sihir seperti penyihir, elf, dll. Contoh: Radiant, Yu Yu Hakusho, dan lain-lain.

Demons

Nantinya genre ini memiliki cerita tentang dunia Dewa, Iblis, atau Malaikat. Contoh: Devil Survivor, Kuroshitsuji, dan lain-lain.

Horror

Nantinya genre ini akan memiliki cerita tentang mistis, seram, menegangkan, atau menakutkan. Jika kamu berani akan hal-hal tersebut, bisa mencoba untuk menonton genre ini. Contoh: Kagewani, Blood C, dan lain-lain.

Triller

Nantinya genre ini bercerita tentang pertarungan dengan waktu serta aksi menantang. Untuk tokoh anime tersebut akan mendapat halangan dari tokoh antagonis. Contoh: The Future Diary, Terror in Resonance, dan lain-lain.

Vampire

Pada genre ini akan membahas tentang dunia atau nuasa vampire serta kehidupan didalamnya. Contoh: Vampire Knight, Blood Lad, dan lain-lain.

Mystery

Dalam genre ini akan bercerita tentang sebuah misteri dan tokoh utamanya yang akan menyelesaikan misteri tersebut. Contoh: Ungo, Death Note, dan lain-lain.

Psychological

Genre Anime

Dalam genre ini akan mengandung cerita tentang cara berfikir karakter yang abnormal. Pemikiran tersebut akan sering di perlihatkan dalam menyelesaikan permasalahan. Contoh: Perfect Blue, Steins;Gate, dan lain-lain.

Dementia

Genre Anime

Yang perlu kamu ketahui tentang genre ini adalah memiliki cerita yang termasuk plot mind-twisting. Yaitu memiliki alur cerita yang membingungkan. Contoh: Devilman: Crybaby, Neon Genesis Evagelion, dan lain-lain.

NTR (Netore)

Genre Anime

Yaitu genre yang akan memiliki cerita cinta yang dikhianati. Perlu kamu pahami bahwa genre NTR dapat meninggalkan sakit hati bagi penontonnya. Contoh: Kuzu no Honkai, White Album, dan lain-lain.

Baca Juga:
1. Cara dan Solusi Mudah Top Up Game Online di Unipin
2. Peluang Usaha Online Paling Menjanjikan di Tahun 2021

Penutup

Itulah berbagai macam genre anime yang perlu kamu ketahui. Bagaimanan sobat Vexa apakah sudah memilih genre yang ingin ditonton? Sampai ketemu lain waktu.