Hal-hal yang berhubungan dengan Android memang sangat menarik. Berbagai aplikasi dan game kini sudah banyak bermunculan untuk platform buatan Google ini. Sobat bisa sepuasanya mencoba aplikasi dan game dengan hanya mengunduhnya di Google Play Store. Game dan aplikasi tersebut biasanya dimainkan melalui ponsel berbasis android, Sob. Namun, bagaimana jika sobat ingin memainkannya melalui layar komputer? Apakah bisa jika komputernya berbasis MacOS X? Jawabannya adalah tentu saja bisa, sob. Ada perangkat lunak yang harus dipasang pada MacBook sehingga dapat mendukung android, yaitu Emulator Android. Nah, kira-kira apa saja ya emulator android untuk MacBook terbaik 2021? Yuk langsung saja cek ulasannya di bawah ini.

6 Emulator Android Untuk MacBook Terbaik 2021

Berikut adalah daftar rekomendasi emulator android terbaik untuk MacBook kalian,

1. Android Studio

Emulator Android Untuk MacBook

Rekomendasi pertama aplikasi emulator android untuk macbook yaitu Android Studio. Emulator ini khusus dibuat untuk para developer aplikasi android, Sob. Android Studio merupakan emulator dari Google sehingga akan terupdate secara rutin dengan adanya fitur-fitur baru. Android Studio sangat pas digunakan oleh para pengembang baik pemula maupun yang sudah ahli untuk menguji coba aplikasi sebelum diluncurkan di Play Store. Selain itu, para pengguna Android studio bisa memanfaatkan tools untuk membuat dan mendesain aplikasi, sedangkan untuk pengujian mereka menggunakan emulatornya. Dengan menggunakan Android Studio, proses pembuatan aplikasi akan lebih efektif. Terlebih lagi, emulator ini tersedia gratis untuk Macbook.

2. NOX Player

Jika Android Studio ditujukan khusus untuk para developer, NOX Player adalah emulator yang sangat cocok untuk para gamer, Sob. NOX Player tersedia untuk MacBook yang dapat membantu sobat untuk memainkan beragam game ponsel. Emulator ini kompatibel untuk game berat dengan grafis tinggi seperti COC dan Fornite. Selain itu, NOX Player mendukung sistem controller, joystick, dan key mapping dengan keyboard. Dengan emulator ini, sobat juga akan leluasa bermain game tanpa jeda karena kinerja NOX yang cepat.

3. GenyMotion

Emulator Android Untuk MacBook

Emulator ideal untuk MacBook selanjutnya ada GenyMotion nih, Sob. GenyMotion sengaja dibuat untuk para developer yang akan menguji aplikasi buatannya. Para developer akan melakukan konfigurasi emulator di berbagai perangkat virtual. Contohnya, pengembang bisa menentukan Nexus One dengan Android 4.2 dan Nexus 6 dengan android 6.0. Salah satu fitur yang menarik yaitu adanya layanan Cloud bernama GenyMotion Cloud. Dengan begitu, sobat bisa menguji aplikasi melalui server selain menggunakan komputer MAC. Sayangnya, GenyMotion ini bukan emulator gratis ya sob, kalian harus berlangganan setelah trial selama 30 hari.

4. BlueStacks

BlueStacks merupakan emulator android yang paling populer sob untuk kalangan gamer. Emulator ini kompatibel baik untuk Windows maupun Mac. Selain itu, BlueStacks juga memiliki kinerja yang baik dengan terus memberikan update rutin. Hal ini tentunya meningkatkan kinerja sistem dan fitur yang tersedia serta menghilangkan gangguan seperti lag. BlueStacks kini telah menjadi emulator pilihan yang mana juga baru saja merilis versi terbarunya di tahun ini, BlueStacks 5. Dengan menggunakan BlueStacks, sobat dijamin akan merasakan beragam fitur yang dimilikiknya. BlueStacks dilengkapi dengan built-in Play Store yang memudahkan pengguna untuk mendownload dan install aplikasi dan gim berbasis android, Sob. Selain itu, emulator ini mendukung key mapping dan bisa menjalankan game kualitas tinggi. Jadi, jika sobat ingin fokus mengembangkan atau bermain aplikasi media sosial dan gim, BlueStacks adalah pilihan yang tepat.

5. Droid4X

Emulator Android Untuk MacBook

Emulator android untuk Mac berikutnya ada Droid4X. Emulator ini khusus untuk para gamer ya Sob. Dengan Droid4X, sobat bisa puas untuk memainkan game Android melalui layar MacBook. Droid4X bisa bekerja dengan cepat dan baik pada MacBook Air. Sobat juga bisa mencoba aplikasi ARM dan hampir semua aplikasi android yang ada di Play Store lho. Selain itu, Droid4X support multi-touch sehingga game yang membutuhkan banyak sentuhan juga bisa dimainkan. Terlebih lagi, proses pemuatan yang cepat membuat Droid4X cocok untuk menjalankan game berat dengan kualitas grafis tinggi tanpa takut mengalami lag. Bagaimana? tertarik mencobanya? sobat hanya perlu mengunduhnya dan emulator ini tersedia gratis.

6. MEmu

Emulator Android Untuk MacBook

Rekomendasi emulator android untuk MacBook yang terakhir ada MEmu. Emulator satu ini sepertinya sedang naik daun, Sob. MEmu ditujukan untuk para gamer sehingga dapat menjalankan berbagai game dan aplikasi. Meskipun demikian, MEmu juga bisa kok untuk fitur pengujian aplikasi sehingga para pengembang dapat mencobanya. Fitur yang paling menarik yaitu adanya support chipset Intel dan AMD, namun sebagian besar sistem bekerja pada prosesor AMD. Selain itu, MEmu juga mendukung android Jelly Bean, Kit Kat, dan Lollipop sob sehingga bisa pengguna bisa menggunakan lebih banyak aplikasi dan game android. Emulator MEmu sering mendapatkan pembaruan rutin sehingga sobat tidak perlu khawatir terkait gangguan fitur dan sistemnya. Jika sobat tertarik, kalian bisa menggunakan versi premium dengan fitur dan opsi yang lebih banyak dengan mengeluarkan biaya sekitar 2,99 USD per bulan.

Baca Juga:
1. Rekomendasi Emulator iOS Untuk Windows
2. Aplikasi Pengunci Layar Sidik Jari Untuk Smartphone Android

Penutup

Keberadaan emulator Android untuk MacBook sangat bermanfaat untuk menjalankan aplikasi android di komputer berbasis MacOS. Terlebih lagi bagi para pengembang aplikasi dan gim yang ingin meguji atau memainkannya pada layar Mac. Itulah rekomendasi 6 Emulator android terbaik 2021 untuk MacBook, Sob. Kira-kira emulator mana nih yang menarik hati Sobat Vexa?