9 Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba - Telegram terlalu banyak mencoba merupakan salah satu notifikasi yang cukup mengganggu ketika kamu memakai aplikasi tersebut. Apalagi, adanya notifikasi ini bisa membuat kamu jadi tidak bisa membuka Telegram.

Munculnya notifikasi ini di Telegram sebenarnya punya alasan. Umumnya disebabkan karena cache Telegram menumpuk, masalah koneksi internet hingga servernya yang sedang bermasalah.

Lalu gimana sih cara untuk mengatasi notifikasi Telegram terlalu banyak mencoba? Nah, melansir dari Thelastsurvivors, berikut kami sudah rangkum beberapa solusinya yang bisa kamu lihat.

Solusi Jitu Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Mengatasi notifikasi Telegram terlalu banyak mencoba sebenarnya susah susah gampang.

Gampangnya kalo masalahnya hanya ada di perangkat kita. Sedangkan susahnya kalau masalahnya disebabkan dari aplikasi itu sendiri yang sedang ada gangguan.

Tapi daripada menduga-duga, sebaiknya kamu coba dulu beberapa solusi yang telah kami sediakan di bawah ini:

1. Lakukan Reboot HP

9 Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Pertama kamu bisa melakukan reboot HP atau restart. Yap, reboot ini fungsinya untuk menyegarkan sistem perangkat kamu.

Supaya kalau ada bug atau error, bisa diperbaiki secara otomatis. Cara reboot seperti biasa, kamu hanya harus menekan tombol Power dan ketuk Restart.

2. Coba Perbarui Telegram

Misalnya setelah melakukan reboot, tapi notifikasi masih muncul sebaiknya kamu coba memperbarui Telegram. Karena biasanya sih kalau masih memakai aplikasi versi lawas bisa menyebabkan beberapa masalah.

Begitupun masalah notifikasi terlalu banyak mencoba di aplikasi Telegram ini. Lalu untuk memperbaruinya, kamu hanya perlu buka Google Playstore / AppStore. Cari aplikasi Telegram dan ketuk tombol Update.

3. Kosongkan Cache Aplikasi Telegram

9 Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Selain masalah versi, cache aplikasi Telegram yang penuh juga bisa menimbulkan beberapa masalah. Contohnya seperti masalah notifikasi Telegram terlalu banyak mencoba tersebut yang terus muncul.

Oleh sebab itu, ada kalanya setiap mengalami masalah kamu bisa melakukan hapus cache. Hal ini juga berlaku masalah di beberapa aplikasi lainnya ya.

Nah lalu untuk cara hapus cache aplikasi cache Telegram, bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Pertama, buka Pengaturan dulu.
  2. Kemudian pilih menu Aplikasi.
  3. Kamu cari aplikasi Telegram.
  4. Geser ke bawah dan ketuk kolom Penyimpanan.
  5. Terakhir, pilih menu Hapus Memori dan ketuk OKE untuk mengkonfirmasinya

4. Pastikan Koneksi Internet Stabil

9 Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Selain masalah pada sistem di perangkat dan juga di  aplikasi Telegram, bisa jadi penyebabnya karena koneksi kamu sedang tidak stabil.

Solusinya, kamu bisa coba ganti provider dulu. Misalkan kalau sebelumnya pakai WiFi bisa coba ganti dan gunakan data seluler, begitupun sebaliknya.

5. Periksa Ruang Kosong di Memori Internal

9 Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Telegram memang aplikasi chatting yang menggunakan media penyimpanan awan (cloud storage). Tapi tetap saja ketika menginstall atau memperbaruinya perangkat kamu harus memiliki ruang kosong yang cukup.

Kalau tidak, biasanya akan menyebabkan beberapa masalah pada fiturnya. Bahkan sampai membuat aplikasi Telegram jadi tidak bisa terbuka dan muncul notifikasi terlalu banyak mencoba.

Kemudian kalau sudah di cek, ternyata memori internal kamu penuh. Sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai lebih dulu. Setelah kamu hapus, bisa coba Telegram lagi.

6. Kosongkan RAM

Banyak orang yang memakai beberapa aplikasi dalam satu waktu. Padahal hal ini bisa membuat performa perangkat kita jadi tidak maksimal.

Apalagi kalau sampai RAM di perangkat kita penuh. Sehingga membuat beberapa aplikasi jadi bermasalah.

Solusinya, kamu bisa tutup aplikasi yang sedang tidak terpakai. Kemudian bersihkan RAM dengan mengikuti panduan di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih menu Perawatan Perangkat Dan Baterai.
  3. Lalu ketuk menu Memori.
  4. Tekan tombol Hapus Sekarang untuk membersihkan RAM.
  5. Tunggu sampai proses pembersihan selesai, kalau sudah kamu bisa coba buka Telegram kembali.

7. Reinstall Aplikasi Telegram

Tidak jarang kami menemukan aplikasi yang tiba-tiba error. Padahal sebelumnya aplikasi tersebut berjalan normal.

Dalam hal ini, biasanya sih aplikasi yang sudah terpasang di perangkat kita terdapat data corrupt. Sehingga untuk memperbaikinya hanya dengan 2 cara, yaitu update atau instal ulang.

Tapi kalau belum ada versi terbaru dari aplikasi tersebut, disarankan untuk menginstal ulang saja.

Jadi kamu bisa Hapus Aplikasi Telegram, kemudian Instal lagi lewat Google Playstore atau AppStore. Seharusnya kalau masalahnya dari aplikasi, cara ini bisa berhasil.

8. Pastikan Server Telegram Tidak Gangguan

Masih tidak berhasil? Ada kemungkinan masalahnya disebabkan karena server Telegram itu sendiri yang sedang gangguan.

Misalnya gangguan, biasanya masalah tersebut akan di beritahukan lewat akun sosial media Telegram. Nah kamu bisa cek dan memastikannya dengan melihat sosial media Telegram.

Selain itu, Kamu juga bisa tanya teman atau keluarga yang memakai Telegram untuk memastikannya. Kalau mereka juga mengalami masalah yang sama, tandanya server Telegram sedang bermasalah.

Sehingga salah satu solusinya, kamu harus menunggu sampai gangguan itu selesai diatasi.

9. Pakai VPN untuk Akses Telegram

Solusi terakhir yang bisa kami berikan adalah dengan menggunakan VPN. Karena dalam beberapa kasus, aplikasi yang sedang bermasalah di Indonesia justru berjalan normal di luar negeri.

Karena terkadang di Indonesia beberapa kali mengalami pemadaman, sehingga seluruh jaringan internet-nya mengalami down. Atau bisa juga karena aplikasi tertentu dianggap berbahaya, sehingga pemerintah membatasinya.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa coba memakai VPN supaya mendapatkan IP luar negeri. Sehingga kamu tetap bisa membuka Telegram.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah Telegram terlalu banyak mencoba. Semoga salah satu panduan yang kami berikan di atas, bisa membantu kamu ya.