Cara Membuat Channel Telegram, Gak Pake Ribet! - Telegram adalah salah satu aplikasi chatting yang sedang naik daun saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan, Telegram memiliki segudang fitur yang bermanfaat untuk kehidupanmu sehari-hari. Tidak hanya menyediakan fitur seperti aplikasi chatting pada umumnya, dengan Telegram kita juga bisa meraih ilmu, menonton film, mengirim pesan rahasia, bahkan mengirim video dalam durasi serta ukuran yang tidak terbatas.

Dengan segala fitur keren ini Telegram menjadi salah satu aplikasi Terbaik sepanjang masa. Untuk bisa menggunakan Telegram, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun alias gratis.

Tampilan antarmuka/UI Telegram yang sederhana juga tidak akan membuat kita kesulitas menggunakannya. Kamu bisa mengundang hingga 200ribu orang ke grup Telegram. Ingin memasukkan anggota dengan jumlah tak terbatas? Aplikasi ini pun mampu memenuhi keinginan kamu. Kamu dapat membuat Channel Telegram untuk mengirim pesan broadcast dengan jumlah anggota yang tidak terbatas.

Lalu apakah channel Telegram itu? Jika kamu masih merasa asing dengan istilah ini, yuk simak pembahasan berikut ini!

Cara Membuat Channel Telegram

Sebelum bisa menggunakan atau membuat chanel Telegram, tentu saja kamu perlu membuat akun Telegram terlebih dahulu. Kamu bisa klik link dibawah ini untuk mendapatkan tutorialnya...

Baca Juga: Cara Menggunakan Telegram Tutorial Terlengkap

Tutorial Membuat Channel

Untuk membuat Channel Telegram, kamu tidak perlu waktu lama. Kamu hanya perlu waktu 3 menit saja. Bagaimanakah prosesnya? simak tutorial berikut ini.

Cara Membuat Channel Telegram, Gak Pake Ribet!
  1. Buka Telegram
  2. Pilih Icon Pensil berwarna biru dibagian kanan bawah
  3. Klik "New Channel"
Cara Membuat Channel Telegram, Gak Pake Ribet!

4. Isi bagian "Channel Name" dengan nama channel yang ingin kamu gunakan dan deskripsi tentang channel tersebut (opsional).

5. Klik tanda centang di bagian kanan atas

6. Tentukan format channel yang akan dibuat apakah dalam format "Public Channel" atau "Private Channel". kamu juga bisa mengatur nama link pada bagian Public Channel. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa mengganti format ini ketika channel sudah jadi pada bagian setting.

7. kamu juga bisa menambahkan subscribers secara langsung dari daftar kontak yang kamu miliki.

8. Klik ikon tanda panah pada bagian kanan bawah.

9. Selesai!

Simpel kan? Channel telah siap di gunakan untuk mengirim chat dalam bentuk apapun. Kamu juga bisa mengatur foto profil dan jangan lupa share link Telegram ke semua orang yang ingin kamu masukan ke dalam channel tersebut.

Cara menghapus Channel

Ingin menghapus channel Telegram yang kamu buat? Kamu bisa ikuti tutorial singkat berikut ini...

Cara Membuat Channel Telegram, Gak Pake Ribet!
  1. Ketuk dan tahan selama 3 detik channel yang ingin di hapus.
  2. Pilih icon bergambar tempat sampah pada bagian kanan atas.
  3. Pilih Delete for All Subscribers untuk menghapus channel di semua pernagkat subscribers kamu. Jika hanya ingin menghapus channel di perangkat kamu, kamu tidak perlu mencentang bagian "Delete for all subscribers"
  4. Klik Delete Channel
  5. Selesai. Channel telah terhapus.

Manfaat Channel Telegram

- Jumlah subscribers yang tidak terbatas

Inilah yang menjadi salah satu kelebihan Telegram jika di bandingkan aplikasi chatting lainnya seperti WhatsApp atau Line yang memiliki keterbatasan jumlah anggota dalam grup. Channel Telegram sanggup menampung hingga jumlah yang tidak terbatas. Channel Telegram ini berbeda dengan Grup Telegram. Dengan menggunakan Channel Telegram, pesan yang kamu kirim akan di atasnamakan channel yang kamu buat, bukan nama pribadi pengirim.

- Dapat mengirim berbagai jenis pesan

Channel telegram memungkinkan kamu mengirimkan pesan berupa text, foto, video, voice notes, atau dokumen dalam format apapun dengan ukuran dan durasi yang tidak terbatas. Kerennya, subscribers Telegram dpat melihat preview pesan berupa video tanpa perlu mengkliknya terlebih dahulu. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui isi video sebelum mendownloadnya. Admin juga bisa mengirimkan beberapa video secara sekaligus. Tidak perlu khawatir akan berderet, karena Telegram akan otomatis meng-kolase foto yang kamu kirimkan. Kerennya lagi, Telegram bahkan mampu mengingat posisi terakhirmu ketika menonton video atau mendengarkan audio. Hal ini memungkinkan kamu untuk melanjutkan audio atau video di lain waktu.

- Komunikasi satu arah

Berbeda dengan grup yang memperbolehkan semua anggotanya untuk melakukan percakapan, Channel Telegram justru hanya memperbolehkan admin saja untuk bisa mengirim pesan. Komunikasi satu arah ini bisa di gunakan jika ingin menghindari pesan atau informasi penting yang bertumpuk.

- Menjangkau audiens yang luas

Dengan jumlah subsribers yang mencapai hingga ratusan ributentu saja kamu dapat menjangkau audiens secara luas. Channel Telegram memugkinkan kamu untuk mengrim satu pesan kepada ratusan ribu orang sekaligus! Keren bukan? Untuk bisa menerima notifikasi dari channel yang kamu buat, seseorang hanya perlu mensubscribe channel yang kamu buat.

- Memiliki fitur View Counter pada setiap pesan

Ingin mengetahui berapa banyak yang melihat konten yang kamu upload? Telegram menyediakan fitur View Counter. Fitur ini memungkin kamu mengecek aktivitas yang terjadi pada setiap pesan yang kamu kirim. Termasuk berapa kali pesan di baca, di bagikan ulang, di salin, atau di teruskan.

Baca Juga:
- Login Telegram Website Praktis Banget
- Cara Mudah Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Penutup

Tidak perlu di ragukan lagi, Telegram memiliki segudang manfaat untuk kamu. Potensi yang di milikinya bisa mendatangkan keuntungan untuk diri sendiri dan orang lain. Sekian artikel Vexagame tentang Cara Membuat Channel Telegram, Gak Pake Ribet!

Ikuti terus Vexagame untuk mendapatkan info terupdate seputar teknologi, game, dan gadget. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di lain waktu!