Baterai adalah bagian paling penting dari sebuah ponsel. Tanpa baterai, tentunya sobat tidak akan bisa menggunakan ponsel tersebut. Baterai berguna untuk memberikan power atau sumber daya supaya suatu peratalatan elektonik dapat berfungsi normal. Namun, kualitas baterai juga bisa menurun lho jika berlebihan saat menggunakan smartphone android atau banyaknya aplikasi yang digunakan. Nah, kalian perlu tau sob cara dan metode untuk menghemat baterai supaya tidak boros dan cepat habis. Salah satu metodenya yaitu penggunaan aplikasi penghemat baterai android paling efektif berikut ini.

6 Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Efektif

Nih sob 6 Aplikasi yang bisa membantu penghematan penggunaan baterai ponsel android kamu

1. DU Battery Saver

Rekomendasi aplikasi penghemat baterai android yang pertama yaitu ada DU Battery Saver. Aplikasi ini memiliki kinerja yang lebih baik dari fitur penghemat daya yang sudah terpasang pada ponsel. DU Battery Saver dapat membantu sobat untuk memperpanjang daya baterai hingga 60%. Selain itu, fitur aplikasi ini juga lebih lengkap dan dapat diintegrasikan dalam suatu widget. DU Battery Saver ini termasuk aplikasi yang terkenal lho sobat. Bagaimana tidak? sudah lebih dari 600 juta orang mengunduhnya melalui Play Store. Aplikasi ini termasuk ringan untuk digunakan karena hanya perlu sekali klik untuk menghemat daya dan membersihkan sampah atau cache aplikasi hingga 1,3 GB.

2. Avast Battery Saver

Avast Battery Saver adalah aplikasi penghemat baterai android paling efektif, sob. Pasti kalian tidak asing dengan nama Avast, bukan? Suatu software antivirus yang ada pada perangkat komputer. Nah, kali ini sang developer, Avast Software, telah membuat aplikasi penghemat baterai dengan cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel android. Dengan kata lain, Avast Battery Saver akan secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang jarang dipakai atau sekiranya tidak perlu. Selain itu, Avast juga akan menonaktikfkan aplikasi yang sering membuat baterai cepat habis.

3. Dfndr Battery

Kalau ponsel android sobat sering low battery, kalian bisa menggunakan Dfndr Battery sebagai solusinya. Cara kerja aplikasi ini sama seperti Avast Battery Saver, yaitu bekerja di belakang layar. Untuk menggunakannya, sobat Vexa hanya perlu klik aplikasi Dfndr Battery dan mode penghematan pun dimulai. Sistem aplikasi Dfndr akan menonaktifkan beberapa aplikasi yang jarang sekali dipakai dan tidak digunakan. Selain itu, Dfndr Battery akan melakukan monitoring aplikasi untuk menghentikan aplikasi mana saja yang sering menguras daya baterai. Aplikasi ini juga memiliki beragam fitur seperti Battery Cooler, Quick Optimization, dan Super Optimization. Gimana? Tertarik mencobanya?

4. Kaspersky Battery Life

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Kaspersky yang merupakan developer software antivirus, ternyata juga mengembangkan produk penghemat baterai, berkualitas Sob. Aplikasi tersebut bernama Kaspersky Battery Life. Kalian bisa mengunduhnya melalui Play Store dengan ukuran aplikasi sebesar 10 MB. Kaspersky Battery dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti widget pada homescreen yang akan membantu sobat untuk memonitor keadaan baterai. Fitur lainnya yaitu boost yang bisa meningkatkan daya baterai untuk penggunaan yang lebih hemat. Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan menampilkan pemberitahuan terkait aplikasi yang berjalan di ponsel android dan menentukan aplikasi mana saja yang menghabiskan daya baterai. Maka dari itu, Kaspersky Battery Life akan membantu penghematan penggunaan baterai ponsel dan tentunya mengurangi waktu pengisian atau charging, Sob.

5. GO Battery Saver & Power Widget

Rekomendasi aplikasi penghemat baterai android paling efektif berikutnya yaitu GO Battery Saver & Power Widget. Aplikasi ini dikembangkan oleh suatu perusahaan developer aplikasi bernama GO. Dengan menggunakan aplikasi ini, sobat akan mengetahui kapan daya baterai akan habis. Aplikasi GO Battery Saver memiliki fitur menarik serta tampilan yang nyaman sehingga akan memudahkan penggunanya. Selain itu, sobat akan menemukan semacam widget pada plikasi GO Battery yang dapat meningkatkan daya baterai serta menunjukkan bagaimana kinerja baterai jika tanpa wifi, bluetooth, dan sebagainya. Keren juga, yah!

6. AccuBattery

Aplikasi Penghemat Baterai Android

AccuBattery bisa menjadi pilihan berikutnya untuk sobat Vexa yang sedang cari aplikasi penghemat baterai android paling efektif. Accu akan membantu sobat untuk mengidentifikasi aplikasi apa yang sering memakan daya baterai ponsel. Sobat juga tentunya akan dapat banyak fitur lho jika pakai AccuBattery, salah satunya fitur Alarm. Fitur tersebut berfungsi sebagai pengingat jika daya baterai tersisa hanya 40% dan akan otomatis menonaktifkan beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Nah, jika baterai tersisa 20%, Accu akan mengaktifkan fitur saver mode, Sob. Fitur lainnya yaitu stop battery draining apps yang akan menghentikan aktivitas semua aplikasi saat proses charging. Hal menarik lainnya nih sob, jika saat pengisian baterai mencapai 80%, ponsel akan dalam mode on untuk mengingatkan bahwa ponsel sudah pada standar daya baterai. Terlebih lagi, Accu juga dilengkapi dengan fitur battery health dan charge speed. Wah, banyak banget ya Sob. Yuk langsung saja unduh di Playstore karena gratis dan juga bebas iklan loh.

Baca Juga:
1. Aplikasi Perekam Panggilan WhatsApp Yang Patut Dicoba
2. Aplikasi Desain Ucapan Idul Fitri Untuk Ramaikan Lebaran

Penutup

Salah satu faktor yang menentukan kualitas ponsel adalah daya baterainya. Jika baterai berkapasitas besar maka tentunya akan membuat ponsel hidup lebih lama, Sob. Namun bagaimana jika ponsel android memiliki kapasitas baterai yang standar bahkan kecil? Apalagi jika terdapat banyak aplikasi pada ponsel, baterai akan cepat habis. Nah, aplikasi penghemat baterai android paling efektif yang sudah dibahas di atas bisa jadi pilihanmu untuk mengoptimalkan penggunaan baterai. Semoga bermanfaat.