Dituduh Plagiat, Apakah Mobile Legends Bakal Dihapus? - Saat ini kalangan gamers sedang heboh dengan berita yang beredar pada laman laman internet. Hal ini berkaitan dengan tentang gugatan yang dilayangkan Riot Games kepada Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. atau yang lebih kita kenal dengan Moonton. Dalam gugatannya Riot Games merasa bahwa Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. atau perusahaan yang berbasis di tiongkok itu melakukan plagiarisme pada game besutan mereka yaitu League of Legends. Pengajuan ini Riot Games layangkan pada senin lalu bertempat di Pengadilan Distrik Amerika Serikat (AS), untuk Distrik Pusat California. Yang mana ini juga merupakan tempat yang sama, ketika Riot Games menggugat Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. pada tahun 2017.

Karena hal inilah banhyak gamers terutama di negara kita yaitu Indonesia yang bertanya tanya. Apakah Mobile Legends bakal dihapus?. Mengingat jumlah unduhan mobile legends pada playstore telah mencapai 500 juta kali unduhan, tentunya kehebohan ini tidak bisa dihindari. Bagi sobat vexa yang penasaran jangan khawatir, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan penjelasan tentang hal ini. Penasaran kan? Jadi silahkan sobat vexa baca artikel ini sampai habis ya. Tanpa berlama lama lagi, kita masuk saja ke inti pembahasannya. Let's Check it Out!

Isi Gugatan Riot Games

Seperti yang sudah mimin bilang tadi bahwa Riot Games menggugat Moonton karena mereka menganggap Moonton melakukan plagiarisme pada konten mereka. Gugatan tersebut dilayangkan Riot pada pengadilan Amerika Serikat dan moonton terancam mendapatkan hukuman denda sebesar 2,9 Juta Us Dollar atas apa yang telah mereka lakukan. Moonton telah berulang kali melakukan plagiarisme menurut riot. "Strategi Moonton adalah meniru secara terang-terangan. Saat Riot memperbarui video gamenya, Moonton akan menyalinnya. Saat Riot memperbarui materi promosi game, Moonton menyalinnya. Dan ketika Riot merilis trailer baru, Moonton menyalinnya," ungkap Riot dalam gugatannya.

Pada tahun 2017 lalu Riot juga melayangkan gugatan pada perusahaan yang berbasis di tiongkok itu dan berhasil memenangkannya lalu mendapatkan ganti rugi sebesar 2,9 juta Us Dollar atau sekitar Rp 42,1 milyar. Berikut ini akan mimin paparkan beberapa hal yang menjadi alasan Riot Games menggugat Moonton karena plagiarisme.

1. Skin Legend Guinnevere

apakah mobile legends bakal dihapus?
sumber : roonby.com

Gambar diatas merupakan salah satu dari plagiarisme yang dilakukan moonton pada riot games. Setelah ada hero gloo yang terlihat sangat mirip dengan hero Zac pada wild rift. Kali ini ada skin legend guinnevere yaitu psionic oracle yang sangat sangat mirip dengan ahri dari Wild Rift. Dalam gambar tersebut terlihat bahwa guinnever dapat berubah menjadi rubah ekor 9 dengan kristal yang menutupi ekornya dan itu sama persis dengan ahri pada wild rift.

2. Hero Yve

sumber : roonby.com

Tidak hanya skin legend guinnevere, kali ini ada hero yve yang dinilai sangat mirip dengan dark star xerath dari wild rift. Sama sama berpenampilan seperti penguasa dimensi lain dengan warna dominan ungu membuat kedua hero ini terlihat sangat mirip.

sumber : roonby.com

Nah ini juga menjadi salah satu bukti juga yang disertakan riot dalam gugatannya. Disini terlihat bahwa logo dari League of Legends sangat mirip dengan logo Mobile Legends. Hal ini tentunya membuat riot merasa bahwa logo dari game besutannya telah di copy oleh moonton untuk logo dari mobile legends.

Apakah Mobile Legends Bakal Dihapus?

Sulit rasanya jika membayangkan bahwa mobile legends benar benar dihapus. Mimin rasa mobile legends tidak akan dihapus dalam waktu dekat ini. Ada beberapa alasan yang mendasari bahwa mobile legends tidak akan dihapus dalam waktu dekat ini. Alasan tersebut adalah :

1. Moonton Masih Memberikan Update

Alasan pertama mengapa mobile legends tidak akan dihapus dalam waktu dekat adalah karena moonton selaku developer masih memberikan update untuk game nya. Rasanya hampir tidak mungkin moonton memberikan update jika gamenya akan dihapus. Bahkan banyak game yang sudah lama tidak ada update namun tetap bertahan sampai sekarang. Jadi dengan adanya update dari moonton selaku developer maka sangat besar kemungkinan jika mobile legends tidak akan dihapus dalam waktu dekat.

2. Jumlah Player Yang Sangat Banyak

Hal ini juga menjadi alasan yang kuat karena jumlah pemain yang sangat banyak dari game moba yang satu ini. Bukan rahasia lagi kalo game moba satu ini memiliki pemain yang jumlahnya lebih dari 100 juta pemain di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah unduhan pada laman playstore yag mencapai 500 juta unduhan. Maka sulit dibayangkan jika mobile legends akan dihapus dalam waktu dekat ini mengingat jumlah player yang begitu banyaknya.

3. Turnamen Yang Masih Berlanjut

Lalu ada alasan ketiga yang kemungkinan membuat mobile legends tidak akan dihapus dalam waktu dekat. Yaitu mobile legends masuk kedalam cabang olahraga esport pada sea games 2021. Lalu ada msc sebagai turnamen yang akan datang. Dengan adanya turnamen yang berjalan dan turnamen yang akan datang membuat kecil kemungkinan bahwa mobile legends akan dihapus.

Hal Yang Mungkin Terjadi Apabila Mobile Legends Dihapus

Berikut ini merupakan hal hal yang mungkin saja terjadi jika saja mobile legends benar benar dihapus. Berikut adalah daftarnya :

1. Kerugian Besar Dari Moonton

Hal pertama yang kemungkinan besar terjadi jika mobile legeds benar benar dihapus adalah kerugian besar dari developer yaitu moonton. Seperti yang kita tahu bersama bahwa mobile legends merupakan game besutan moonton yang paling sukses. Dengan ditutupnya mobile legends tentu akan memberikan dampak besar bagi moonton selaku perusahaan pengembang game mobile legends.

2. Kerugian Untuk Player

Tidak hanya developer player juga akan mengalami kerugian yang cukup besar sebagai dampak peghapusan mobile legends. Mengapa seperti itu? Karena banyak player yang mengeluarkan uang yang bervariasi. Ada player yang mengeluarkan sedikit uang bahkan hingga berpuluh puluh juta untuk membeli item atau skin dalam mobile legends. Jika mobile legends benar benar dihapus maka hal ini tentu saja akan sangat merugikan player yang telah mengeluarkan uang yang banyak untuk mobile legends. Selain itu juga banyak content creator yang menjadikan mobile legends sebagai sumber penghasilan. Para content creator tersebut akan kehilangan sumber penghasilan mereka jika mobile legends benar benar dihapus.

3. Kerugian Untuk Sponsor

Selain dua hal tadi ada juga kerugian untuk sponsor. Banyak sponsor yang ikut mendanai turnamen turnamen besar mobile legends. Sebut saja Mobile Premiere League atau yang biasa kita kenal dengan sebutan MPL. Banyak sponsor yang menjadi sumber dana segar untuk terselenggaranya turnamen akbar tersebut. Jika mobile legends dihapus maka sponsor yang sudah membayar untuk promosi pada turnamen tersebut akan kehilangan tempat untuk promosi sehinngga akan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan.

Baca Juga :
1. Istilah Item di Mobile Legends dan Penjelasannya, Lengkap!
2. Hero Pertama Mobile Legends, Yuk Nostalgia Bersama!
3. Mengenal Fungsi Item Mobile Legends Terlengkap

Penutup

Itu tadi merupakan jawaban mimin tentang pertanyaan apakah mobile legends akan dihapus? Seperti biasa jika ada informasi yang salah atau kurang bisa sobat vexa tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Jika ada kritik, saran, atau usulan bisa juga sobat vexa tulis pada kolom komentar dibawah. Agar vexagame menjadi lebih baik kedepannya. See You!