8 Tips Memilih Powerbank Terbaik dan Awet


8 Tips Memilih Powerbank Terbaik dan Awet - Baterai ponsel yang sering drop bahkan mati dapat mempersingkat usia baterai ponsel anda. Mengisi daya baterai ketika tersisa 20-30% akan membuat usia baterai lebih panjang. Powerbank merupakan penyelamat di kala anda kehabisan baterai di sela-sela aktivitas sehari-har. Terutama bagi anda yang bekerja di luar ruangan, daya simpan yang di miliki oleh powerbank wajib di perhatikan. Semakin besar dan awet powerbank anda, maka peforma anda juga tidak terhambat. Jangan menunggu hingga mati. berikut ini Vexagame merangkum Tips untuk memilih powerbank terbaik dan awet untuk anda.

8 Tips Memilih Powerbank Terbaik dan Awet

8 Tips Memilih Powerbank Terbaik dan Awet

1. Powerbank Original

Tips pertama adalah membeli Powerbank original dari produk yang sudah terkenal. Tentu saja, produk yang terkenal memiliki kualitas dan mutu yang terjamin. Tetapi jangan sampai tertipu oleh oknum jahat yang membuat barang tiruan. Ada baiknya anda langsung membeli powerbank ke official store terpercaya. Karena hal ini juga penting bagi keamanan dan kenyamanan anda dalam menggunakan powerbank tersebut.

2. Baterai Li-Polymer

Kebanyakan baterai ponsel saat ini adalah Lithium Ion yang cenderung lebih murah di bandingakan Lithium Polymer. Namun Baterai Li-Ion cenderung tidak stabil dan cepat panas bahkan bisa meledak. Sebaliknya, Lithium Polymer cenderung lebih stabil, tidak mudah mengalami kebocoran, dan lebih tahan lama jika di bandingkan dengan Li-ion.

3. Kapasitas

Kebutuhan kapasitas setiap orang tentu saja berbeda-beda. Pastikan kapasitas powerbank ini dua kali dari kapasitas baterai handphone yang kamu miliki. Semakin besar daya simpannya maka akan semakin memudahkan aktivitas sehari-hari anda. Selain itu juga anda tidak perlu terlalu sering untuk mengisi daya baterai powerbank, karena masih ada daya cadangan di dalamnya.

4. Arus Powerbank = Arus Handphone

Mengisi baterai handphone dengan daya arus yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada baterai handphone yang anda miliki. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan arus powerbank sebelum anda membelinya. Terutama ketika handphone anda telah mendukung kemampuan mengisi cepat atau fast charging. Tentu saja membutuhkan arus yang lebih tinggi karena tidak semua powerbank memiliki arus yang sama.

Arus Powerbank dan arus handphone dapat di lihat pada keterangan ouput dengan satuan A (Ampere). Penyamaan arus ini bermanfaat untuk memelihara usia baterai.

5. Bersertifikasi CE dan FCC

CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communication Commision) merupakan salah satu hal yang dapat menjamin kualitas dari sebuah produk elektronik telah melewati uji standarisasi.

Powerbank yang tidak memiliki sertifikat, tidak dapat di pastikan memiliki kualitas yang baik. POwerbank yang tidak bersertifikasi justru akan berdampak buruk dan berbahaya bagi anda.

6. Powerbank dengan Indikator Jelas

Meskipun terkesan sepele, namun Indikator yang jelas akan memberikan informasi untuk anda menganai kapasitas yang ada di dalam powerbank. Sehingga anda tahu kapan saatnya mengisi ulang kembali powerbank dan saat powerbank telah terisi penuh.

7. Material Kokoh

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan material yang membangun powerbank tersebut. Powerbank dengan bahan dan sistem yang buruk biasanya akan cepat panas baik saat di gunakan maupun saat pengisian.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui material powerbank yang buruk adalah dengan cara menggoyangkan powerbank tersebut. Jika terjadi goncangan dan mengeluarkan suara, berarti komponen di dalamnya akan sangat ringkih dan tidak stabil.

Material yang jelek akan membuat usia powerbank menjadi pendek. Tidak ada salahnya merogoh kocek lebih dalam untuk material yang lebih tahan lama, daripada berinvestasi pada material yang buruk.

8. Powerbank Berproteksi

Saat ini sudah ada beberapa powerbank dengan merek terkenal yang menggunakan teknologi Short Circuit Protection dan Over Charging Protection. Kedua fitur ini akan melindungi handphone dan powerbank dari kerusakan yang tidak di inginkan. Over Charging Protection akan melindungi anda saat pengisian powerbank. Fitur ini otomatis mematikan pengisian saat powerbank sudah terisi penuh.

Baca Juga:
- 4 Tips Memilih Holder Handphone untuk Gojek
- 4 Rekomendasi Headset Running Terbaik 2020

Penutup

Itu dia 8 Tips Memilih Powerbank Terbaik dan Awet yang telah Vexagame rangkum untuk anda. Terus ikuti Vexagame untuk informasi dan tips menganai Gadget dan Game. Semoga Bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT

Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.