7 Tips Membeli HandPhone Bekas Terbaik


7 Tips Membeli HandPhone Bekas Terbaik - Jika kamu ingin memiliki handphone tetapi memiliki keterbatasan dana, membeli handphone bekas bukanlah sesuatu yang buruk. Beberapa orang menjual lagi HP miliknya tidak hanya karena mengalami kerusakkan, tetapi juga karena telah membeli model terbaru atau ingin upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi. Beberapa hal inilah yang dapat di jadikan pertimbangan, bahwa tidak selamanya membeli handphone bekas sama dengan membeli handphone rusak.

Membeli hape bekas tentu saja membutuhkan ketelitian lebih di bandingkan membeli handphone baru. Namun, jika anda teliti dalam memilih, tentu saja anda bisa mendapatkan handphone dengan kualitas yang masih bagus dengan harga second.

Berikut ini Vexagame merangkum beberapa tips dalam membeli HP bekas yang dapat anda jadikan panduan.

7 Tips Membeli HandPhone Bekas Terbaik

7 Tips Membeli HandPhone Bekas Terbaik

1. Spesifikasi Terbaru

Sebenarnya perihal spesifikasi ini tentu saja mengacu kepada kebutuhan anda sehari-hari. Akan tetapi dalam membeli handphone spesifikasi merupakan hal pertama yang wajib di perhatikan. Pastikan spesifikasinya masih layak untuk dipergunakan hingga 5 tahun mendatang.

Sebagai contoh, saat ini banyak sekali ponsel dengan kapasitas RAM di atas 2GB. Maka ada baiknya anda membeli Handphone dengan kapasitas RAM di atas 2GB agar program tidak lemot.

Anda juga wajib memperhatikan Operating System atau OS. Seiring berkembangnya jaman, tentu saja software pada handphone akan menyesuaikan juga. Anda tidak mau bukan, handphone anda ketinggalan jaman?

Baca Juga:
9 Tips Memilih Handphone, Wajib Diperhatikan!

2. Mengecek Tahun Keluaran HP

Melalui tahun keluaran HP tentu saja kita dapat melihat apakah HP tersebut sesuai dengan harga bekasnya? Setiap tahun harga handphone mengalami penurunan seiring dengan hadirnya handphone terbaru setiap tahunnya. Melalui tahun keluaran ini kita juga dapat menentukan kualitas spesifikasi yang ada pada HP tersebut. Semakin baru maka spesifikasinya semakin tinggi.

3. Lama Penggunaan

Durasi penggunaan oleh pemilik sebelumnya juga dapat menjadi pertimbangan. Karena durasi penggunaan ini akan mempengaruhi komponen di dalam handphone seperti baterai, memori, dll. Pilihlah HP bekas yang masih berumur kurang dari 12 bulan. Karena performanya tentu saja masih sangat apik. Bukan HP yang sudah di gunakan lebih dari 1 tahun.

4. Perhatikan Masa Garansi

Sebisa mungkin, pilihlah handphone bekas yang masih dalam masa garansi. Karena Hal ini akan sangat menguntungkan anda jika ada komponen dari HP bekas yang perlu di ganti. Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih lagi untuk memperbaikin HP bekas ini. Bukannya untung malah akan di rugikan bukan?

5. Istilah BNOB dan Old Stock

Berikut ini adalah beberapa jenis istilah yang perlu anda pahami sebelum membeli HP Bekas:

BNOB (Brand New Open Box) atau dengan kata lain barang ini sudah pernah di buka namun masih mulus tanpa kecet. HP BNOB ini biasanya merupakan barang hasil review atau salah beli. Tentu saja barang yang telah di buka segelnya akan jauh lebih murah jika di bandingkan dengan barang baru. Namun dengan kondisi seperti itu, justru akan sangat menguntungkan anda.

Old Stock (Barang Lama) ini biasnya adalah barang yang sudah tidak memiliki masa garansi, sehingga di jual dengan murah (bahkan mendekati harga secondnya). Agak sedikit merugikan anda karena tidak memiliki masa garansi, tetapi jika anda tidak masalah dengan hal itu tentu saja HP Old Stock ini dapat di jadikan pertimbangan.

6. Perhatikan Kondisi Baterai

Baterai merupakan bagian paling riskan atau cepat rusak dalam komponen handphone. Perhatikan apakah baterai tersebut masih Original dari pabrik atau sudah pernah di ganti. Jika sudah pernah di ganti pastikan juga apakah baterai yang di gunakan merupakan asli atau tidak. Karena kondisi baterai akan sangat memperngaruhi performa handphone. Jika baterainya tidak sehat maka Handphone akan mengalami kebocoran baterai yang menyebabkan anda harus menggantinya. Harga baterai berkisar antara 250-300 ribu. Nominal yang cukup lumayan bukan? Jadi ada baiknya anda memperhatikan kondisi baterai saat membeli HP Bekas.

7. Waspada dengan Penipuan

Kegiatan jual beli tidak dapat terlepas dari yang namanya penipuan. Terutama terkait gadget, hal ini akan sangat riskan. Pastikan toko yang kamu pilih merupakan toko yang terpercaya dengan rating yang cukup tinggi. Jangan lupa perhatikan review dari beberapa orang yang sudah pernah membeli HP bekas di tempat tersebut sebelumnya. Jika tidak ingin membeli barang secara offline, pastikan anda menggunakan sistem COD atau Cash on Delivery untuk mencegah terjadinya penipuan.

Pastikan juga anda menggunakan pihak ketiga (Perantara) seperti Shopee, Tokopedia, JD.ID, atau toko online lainnya yang terpercaya. Sehingga jika brang yang anda terima palsu atau tidak sesuai dengan aslinya, anda bisa mengembalikan barang tersebut dan uang anda akan kembali dengan aman.

Penutup

Itu dia 7 Tips Membeli HandPhone Bekas Terbaik yang telah Vexagame rangkum untuk anda. Semoga Bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT

Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.