7 Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis


7 Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis - Baterai merupakan salah satu komponen utama pada Handphone. Jika tidak ada Baterai, handphone tidak dapat di gunakan. Beberapa Handphone model lama masih menggunakan baterai yang dapat di cabut. Namun saat in kebanyakan Handphone telah menggunakan baterai yang tidak dapat di lepas.

Kapasitas Baterai setiap Handphone pun beda-beda. Ada juga yang berkapasitas sangat besar namun dengan daya tahan yang kurang bagus. Penggunaan aplikasi dapat menyebabkan baterai cepat habis. Berikut ini beberapa penyebab Baterai Handphone Cepat Habis yang telah Vexagame ragkum untuk anda.

7 Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis

7 Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis

1. GPS, Bluetooth, atau Wi-fi aktif dalam waktu lama

Ketiga fitur ini akan mencari sinyal ketika di nyalakan. Jika kita terus membuarkannya bekerja dalam waktu lama, maka akan menyebabkan baterai cepat habis. Ada baiknya anda mematikan ketiga fitur ini jika telah selesai di gunakan untuk menghemat baterai handphone anda.

2. Layar Terlalu Cerah

Kondisi layar yang terlalu cerah tentu saja akan mengkonsumsi lebih banyak baterai jika di bandingakan dengan layar handphone yang lebih redup. Dengan menurunkan tingkat kecerahan pada Handphone akan sangat berpengaruh pada konsumsi baterai Handphone anda. Anda juga dapat mengaktifkan mode otomatis yang dapat berubah sesuai tingkat kecerahan sesuai dengan lingkungan di sekitar anda.

Mematikan layar handphone jika tidak di gunakan juga menjadi salah satu solusi untu menghemat baterai.

3. Aplikasi di Belakang Layar

Berjalannya aplikasi di belakang layar akan sangat mempengaruhi kondisi baterai. Tidak semua aplikasi langsung tertutup ketika selesai di gunakan dan tutup akan berhenti begitu saja. Beberapa Smartphone dapat mengatur penggunaan aplikasi di belakang layar pada bagian pengaturan. Dengan menonaktifkan beberapa penggunaan aplikasi di belakang layar akan sangat berpengaruh pada penggunaan baterai.

4. Berlebihan Menggunakan Aplikasi yang Menguras Baterai

Beberapa aplikasi terkadang menguras penggunaan baterai. Terutama ketika aplikasi dan spesifikasi tidak sesuai. Bahkan penggunaan aplikasi yang terlalu berat dapat menyebabkan handphone cepat panas dan berbahaya bagi baterai. Hal ini dapat menyebabkan baterai cepat panas, menggembung, bahkan meledak.

Ada baiknya mengurangi penggunaan palikasi yang terlalu menguras banyak baterai. Agar baterai awet dan tidak cepat habis.

5. Sinyal Buruk

Sinyal yang buruk akan mempengaruhi penggunaan baterai. Karena handphone yang terus menerus mencari sinyal akan memakan banyak daya jika di bandingkan dengan kondisi sinyal yang baik.

Sebagai solusi, anda bisa mengganti provider anda dengan yang lebih baik atau menggunakan airplane mode ketika berada di tempat yang susah sinyal. hal ini dapat di lakukan untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan pada baterai.

6. Update Software

Dengan mengupdate software, biasanya penggunaan memori tidak terlalu banyak. sehingga meminimalisir penggunaan baterai. Software terbaru akan selalu memperbaiki bug-bug atau kerusakan yang mungkin memiliki kontribusi besar pada handphone anda.

Maka ada baiknya untuk selalu meng-update software yang ada di handphone anda untuk meminimalisir adanya bug serta penggunaan baterai.

7. Masalah Pada Hardaware

Hal lainnya yang dapat menyebabkan baterai cepat habis adalah kondisi baterai yang sudah buruk dan pengisi daya yang rusak. Jika baterai di rasa sudah drop, ada baiknya mengganti dengan yang baru.

Selain itu juga penggunaan charger yang tidak sesuai juga dapat merusak kesehatan baterai. Pastikan anda selal menggunakan charger original demi kesehatan baterai handphone yang anda miliki. Meskipun harganya lebih mahal jika di bandingkan produk yang tidak original namun tentu saja memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik untuk anda.

Beberapa ponsel saat ini menggunakan baterai yang tidak dapat di lepas atau non-removable battery. Sehingga anda perlu membawa handphone anda ke tempat service jika ingin melakukan penggantian baterai.

Namun, jika telah menjalankan tujuh langkah ini tetapi baterai handphone anda masih cepat habis. Ada baiknya anda menggantinya dengan unit baru. Hal ini akan lebih baik jika di bandingkan anda menservis handphone anda secara terus menerus.

Baca Juga:
- Perbedaan 4 Material Body Smartphone Kekinian Terlengkap
- Ini Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penutup

Itu dia 7 Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis yang telah di rangkum Vexagame untuk anda. Ikuti terus update dari Vexagame untuk mendapatkan informasi dan tips mengenai gadget dan game terbaru.

ARTIKEL TERKAIT

Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.