cara cek IMEI iPhone

Cek IMEI iPhone Mudah dan Cepat Dengan Cara Ini


iPhone telah menjadi salah satu daya tarik tersendiri di dunia teknologi sejak kemunculannya beberapa tahun silam. Kepopuleran iPhone tentunya membuat beberapa oknum nakal yang memanfaatkan momen ini. Mereka menjual iPhone rekondisi, replika, palsu, dan menjual produk asli tapi secara ilegal atau Black Market. Maka dari itu, sobat Vexa harus memastikan kalau iPhone yang dibeli adalah asli dan legal. Nah, caranya yaitu dengan cek IMEI iPhone sobat.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang mana terdiri dari 15 digit angka. Angka ini merupakan kode produksi sebuah smartphone sehingga pastilah IMEI tiap smartphone berbeda-beda.

6 Cara Cek IMEI iPhone Untuk Mengetahui Keasliannya

cara cek imei
source: pexels.com

1. Cek di Sistem Pengaturan iPhone

Sobat bisa cek IMEI iPhone di menu pengaturan dengan langkah berikut,

source: zdnet.com
  • Buka kunci layar iPhone sobat
  • Cari menu Setting - General – About
  • Kemudian sobat akan menemukan informasi mengenai iPhone di menu About seperti IMEI, serial number, MEID, ICCID, dan lainnya.

2. Cek di Tray SIM

Cara beikutnya untuk cek IMEI iPhone adalah melalui Tray SIM atau tempat dimana sobat menaruh SIM card. iPhone memang sedikit berbeda dari smartphone lainnya karena membubuhkan kode IMEI pada Tray SIM agar penggunanya mudah untuk mengecek.

3. Cek di Bagian Belakang Ponsel

Nomor IMEI ternyata sudah tertera di bagian belakang casing atau body iPhone loh. Nah, cara ini bisa jadi langkah paling cepat dan mudah untuk mengecek kode IMEI iPhone sobat Vexa sekalian. Jika di bagian belakang iPhone sobat tertera IMEI, maka dapat dipastikan ponsel sobat adalah asli. Namun, jika kalian tidak menemukan kode IMEI, iPhone sobat dipertanyakan keasliannya.  

4. Cek Melalui iTunes

Seperti yang kita tahu bahwa iTunes adalah aplikasi untuk transfer musik atau lagu di

iPhone. Nah, ternyata aplikasi yang satu ini bisa juga loh digunakan untuk cek IMEI iPhone sobat Vexa. Caranya yaitu

  • Pastikan PC atau komputer sobat sudah terpasang aplikasi iTunes
  • Berikutnya sambungkan iPhone ke komputer
  • Tunggu hingga iPhone terdeteksi di iTunes
  • Apabila sudah tersambung, sobat tinggal klik Library pada aplikasi tersebut dan data iPhone sobat akan secara otomatis ditampilkan, termasuk nomor IMEI.

5. Cek di Box iPhone

source: Brilio

Selain melalui aplikasi dan bagian-bagian iPhone, sobat ternyata juga bisa mengetahui IMEI pada dus box iPhone sobat. Di box tersebut, kalian bisa mengecek berbagai nomor seperti SKU, IMEI, SN, dan informasi lainnya seperti serial number dan model iPhone. Nah, sobat perlu mencocokan kode IMEI yang tertera di box dengan yang ada di dalam sistem iPhone untuk memastikan apakah cocok atau tidak.

6. Cek Lewat Kode Dial *#06#

Source: PhoneArena

Cara yang terakhir ini adalah cara yang sangat mudah dan cepat, Sob. Kalian bisa mengetahui IMEI iPhone hanya dengan menekan kode khusus pada menu dial atau panggilan. Sobat cukup memasukkan kode *#06# dan kode IMEI iPhone kalian akan langsung muncul.

Baca Juga Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Penutup

Setelah mengetahui berbagai cara cek IMEI iPhone diatas, kalian tetap harus mencocokkan ya Sob apakah sama antara cara satu dengan yang lainnya. Jika ada perbedaan, iPhone sobat berarti tidak asli. Selain itu, sobat juga dianjurkan untuk mengecek resmi tidaknya iPhone yang dibeli. Caranya dengan memasukkan kode IMEI di situs Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Semoga bermanfaat.

Sumber: CNBC Indonesia, Winfixer.com, Angops.com

ARTIKEL TERKAIT

Angga Fernandi

I’m an English Literature student at a public university in Semarang. I usually write articles on my own blog during leisure time. Moreover, I really enjoy what I've been studying so far such as literature, public relation, creative writing, and language. I am a kind of person who likes to challenge myself and get new experiences in life.